Tuhan Mengawasi Umat-Nya

Share This Article

Ayat Bacaan: Ulangan 19:1-21 

Mata TUHAN ada di segala tempat, mengawasi orang jahat dan orang baik

Amsal 15:3

Pada zaman teknologi seperti ini banyak sekali kecanggihan untuk membantu dalam pengawasan, contohnya sebuah toko memiliki cctv untuk mengawasi para pembeli. Semua itu dibuat untuk mempermudah pengawasan, akan tetapi semuanya itu juga bersifat terbatas sebab dibuat oleh manusia. Namun berbeda dengan Tuhan; mata Tuhan menjelajah seluruh bumi. Ia senantiasa mengawasi umatNya di manapun umatNya berada, sehingga tidak ada yang tersembunyi bagi Tuhan. Tidak ada satupun yang lewat dari penglihatan Tuhan. Semuanya terjangkau dan terlihat oleh Tuhan. Walaupun tidak nampak, mata Tuhan tetap memandang kepada kita. Tuhan tidak pernah terlelap dalam mengawasi setiap gerak-gerik kita. Bahkan apapun yang diperbuat oleh manusia, semuanya ada dalam pengawasan Tuhan. Oleh karena itu, kita harus dapat menjaga hidup ini, sebab Tuhan mengetahui apa yang kita lakukan, baik itu perbuatan yang buruk ataupun yang baik. Semuanya terbuka bagi Tuhan. Dalam Firman Tuhan dikisahkan saat Kain membunuh Habel, memang tidak ada satupun yang mengetahui, namun Tuhan mengetahuinya. Ini artinya tidak ada dosa yang tersembunyi di hadapan Tuhan. Sekalipun dilakukan dengan tersembunyi, Tuhan mengetahuinya. Apapun yang dilakukan manusia harus dipertanggung jawabkan di hadapan Tuhan.

Dalam hidup ini janganlah kita takut terhadap bahaya, karena Tuhan akan senantiasa melindungi kita. Dia akan menjauhkan kita dari segala bahaya karena Tuhan tidak pernah lalai dalam mengawasi kita. Tuhan akan senantiasa berada di samping kita untuk menyertai dan melindungi kita. Mata Tuhan bahkan tertuju kepada umatNya yang hidup benar dan yang senantiasa berharap kepadaNya. Mata Tuhan tertuju kepada mereka yang hidup dalam kerendahan hati. Oleh karena itu, jangan pernah takut, karena Dia Maha Tahu. Begitu juga saat kita menghadapi masalah, jangan merasa putus asa karena Tuhan mengetahui pergumulan kita. Dia mengetahui isi hati kita, dan Dia senantiasa peduli. Tuhan tidak akan membiarkan kita menghadapi pergumulan sendirian. Semua ada dalam pengetahuan Tuhan dan Dia peduli kepada kita.

Pengawasan Tuhan terhadap umatNya tidak pernah terbatas dan berakhir. Mari kita jalani hidup dengan memiliki rasa takut kepada Tuhan. Sebab pada akhirnya, segala sesuatu yang kita lakukan harus dipertanggung jawabkan di hadapan Tuhan. Oleh karena itu, biarlah setiap kita boleh senantiasa menjaga kehidupan kita, sebab di manapun kita berada, semuanya ada dalam pengawasan Tuhan.

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − nine =