Suka Duka Kehidupan

Share This Article

Ayat Bacaan: Yosua 14:1-15

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu;

Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau;

Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan- Ku yang membawa kemenangan.

Yesaya 41:10

Hidup yang penuh kebahagiaan, tanpa masalah, merupakan harapan dan impian setiap orang tetapi tidak selalu kita mengalami hidup yang berbahagia, tanpa persoalan dan tantangan. Siapapun kita, pasti akan mengalami masalah, bahkan ujian. Kehidupan ini seperti musim yang silih berganti, tidak selalu hujan, terkadang juga panas. Begitu pula selama kita hidup, suka dan duka selalu bergantian karena ini merupakan warna dari kehidupan. Biarlah kita boleh menyadarinya agar ketika mengalami masalah atau pencobaan, kita dapat menjadi kuat. Kita tidak akan menjadi kecewa. Ingatlah juga bahwa tidak selamanya kita akan mengalami apapun yang sedang kita alami. Pada waktuNya, Tuhan pasti menolong dan memberikan kemenangan.

Dalam menjalani hidup ini, yang terpenting adalah bagaimana kita bersikap. Sebuah sikap yang kita ambil akan mempengaruhi kehidupan kita. Saat mengalami masalah, janganlah mengeluh atau menjadi pesimis. Sebuah keluhan tidak akan menyelesaikan persoalan, sebaliknya justru membuat kita semakin dikuasai oleh masalah tersebut. Jadi, ambillah sikap untuk tetap bersyukur kepada Tuhan. Percayalah bahwa semua yang Tuhan berikan kepada kita itu selalu yang terbaik, dan tidak ada rancanganNya yang buruk. Firman Tuhan memerintahkan supaya di dalam keadaan apapun kita dapat mengucap syukur. Sikap bersyukur merupakan sikap yang berkenan di hadapan Tuhan dan sebagai salah satu tanda kedewasaan iman kita. Yang berikutnya, kita harus menjadi pribadi yang kuat di dalam Tuhan: tetap berjuang dan  terus maju, walaupun kita mengalami proses atau tantangan. Tetaplah maju sampai kita melihat kemenangan yang Tuhan siapkan bagi kita. Tidak selamanya kita akan mengalami kesedihan, pada waktuNya kita pasti akan mengalami sukacita. Walaupun semalaman ada tangisan, menjelang pagi akan terdengar sorak-sorai. Ketika kita mengalami berkat Tuhan, hendaklah kita tetap mengingat bahwa semua itu hanya karena anugrah Tuhan saja dan bukan karena kehebatan kita, sehingga kita tidak akan pernah memegahkan diri sendiri.

Tuhan tidak berjanji bahwa hidup yang kita lalui ini akan mulus, tanpa masalah atau tantangan, namun hidup yang Tuhan berikan bagi kita ini indah, sebab Ia memberikan yang terbaik bagi kita. Walaupun ada masalah, Tuhan akan senantiasa memberikan kepada kita  kekuatan dan hikmat, serta jalan keluar untuk setiap permasalahan kita. Jadi, jangan pernah takut dan tawar hati, Tuhan pasti memberikan kemenangan.

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 − two =