Ujian Dalam Kehidupan

ujian dalam kehidupan
Share This Article

Ayat bacaan Yosua 6:1-27

Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji,

ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

Yakobus 1:12

Setiap orang dalam kehidupannya pasti pernah melalui tahapan atau ujian, karena dalam kehidupan ini kita memang tidak dapat menghindar dari sebuah masalah. Dalam Firman Tuhan kita melihat kisah Ayub dan Yusuf yang juga pernah mengalami masalah yang berat dalam hidupnya, namun pada akhirnya Tuhan memberikan pemulihan dan juga memberkati kehidupan mereka. Beberapa ujian yang kita alami adalah ujian waktu. Pada umumnya, manusia menginginkan sesuatu yang instan, namun terkadang Tuhan ingin melatih kesabaran kita sebab Ia memiliki rencana untuk menjadikan semua indah pada waktuNya. Saat Abraham menantikan seorang anak, Abraham tidak menanti dalam waktu yang cepat tapi dalam waktu yang  lama, namun Abraham percaya bahwa Tuhan yang berjanji pasti menepatinya. Sehingga sekalipun bagi Abraham sudah tidak ada dasar lagi untuk berharap namun Ia senantiasa berharap pada Tuhan dan Tuhan memperhitungkan iman Abraham. Begitu pula dalam hidup ini, kita harus yakin dengan setiap janji Tuhan. Ketika kita belum melihat penggenapan janji Tuhan, jangan sampai iman kita menjadi lemah karena Tuhan pasti akan menggenapi janjiNya. Kalaupun hari ini kita masih belum melihat penggenapan janji Tuhan, marilah kita bersabar sebab Tuhan pasti  menyatakan rencanaNya yang indah. Jangan sampai kita melangkah sendiri tanpa menuruti waktu Tuhan, sebab Dia lebih tahu dan mengerti akan jalan hidup kita.

Yang berikutnya yaitu ujian dalam persoalan. Hal ini merupakan sesuatu yang tidak disukai sebab setiap kita tidak suka dengan persoalan. Namun Yakobus 1:12 mengatakan berbahagialah mereka yang mengalami pencobaan atau ujian sebab Tuhan akan memberikan mahkota kehidupan. Masalah itu merupakan sebuah ujian supaya kita semakin bertumbuh di dalam Tuhan dan ketika kita berhasil melewati semuanya maka kita akan semakin menjadi dewasa. Memang melewati sebuah ujian tidaklah mudah, tetapi kita harus tetap teguh, sebab hanya bersama Tuhan kita akan mampu melewatinya dan Dia akan menjadikan kita sebagai pemenang. Saat mengalami ujian biarlah pada akhirnya kita timbul seperti emas yang murni. Begitu pula saat mengalami proses kehidupan, kita harus tetap kuat menjalaninya sampai semuanya selesai. Walaupun mengalami proses, kita harus tetap setia dan taat, sebab di balik proses yang terjadi itu akan ada rencana Tuhan yang indah.

Saat ini mungkin kita tidak mengerti apa yang kita alami, namun marilah kita jalani setiap masa dalam hidup ini bersama Tuhan.

Bersama Tuhan akan tetap ada sukacita walaupun kita berada di tengah kesukaran. Biarlah kita boleh masuk kepada rencanaNya yang indah.

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one + thirteen =