Sikap Menghadapi Masalah

Share This Article

Ayat Bacaan: Bilangan 21:1-35

Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel:

“Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu.” Tetapi kamu enggan,

Yesaya 30:15

Kehidupan ini memang tidak pernah lepas dari masalah atau tantangan, selama kita hidup artinya masalah itu akan selalu ada. terkadang saat mengalami masalah membuat kita menjadi bimbang, ataupun menimbulkan keraguan dalam hati. Dalam setiap persoalan yang menjadi masalah bukan terletak pada besar atau kecilnya namun yang terpenting adalah bagaimana sikap kita dalam merespon persoalan yang ada. Saat kita menghadapi masalah dengan sikap negatif, penuh dengan keputusasaan, maka akan sulit dalam mencapai kemenangan atas persoalan tersebut. Sebaliknya ketika kita memiliki respon yang benar kita akan mendapatkan jalan keluar yang terbaik dalam menyelesaikan persoalan kita. Maka itu yang terpenting dari segalanya adalah mengandalkan Tuhan, yang artinya berserah sepenuhnya kepada Dia sebagai satu-satunya penolong yang dapat diandalkan. Kekuatan kita sangatlah terbatas sedangkan Dia memiliki kuasa yang tidak terbatas untuk menolong serta membukakan jalan bagi kita. Firman Tuhan menuliskan berbahagialah bagi mereka yang mengandalkan Tuhan. Jadi saat kita mengalami masalah, jangan memakai kekuatan diri sendiri namun andalkanlah kuasa Tuhan sebab hanya Yesus yang mampu menolong kita.

Kemudian menguatkan kepercayaan serta berdoa. Ketika Daud dan bangsa Israel mengalami kekalahan dimana habis dan terbakar saat itu Daud menggantungkan kepercayaannya pada Tuhan ,dan pada akhirnya Tuhan menolong bangsa Israel dan mereka mengalami kemenangan. Selain itu dalam menghadapi masalah ambillah tindakan untuk berdoa serta berseru hanya pada Dia yang berkuasa. Kita harus benar-benar menyerukan pertolongan hanya kepadaNya. Walaupun doa kita belum terjawab jangan putus asa karena sampai saat ini Tuhan masih mendengar setiap seruan kita, dan di balik doa ada kuasaNya yang dahsyat yang akan dicurahkan bagi kita.

Lalu milikilah ketenangan di dalam Tuhan sambil kita terus menanti-nantikan pertolonganNya, sebab Firman Tuhan mengatakan saat kita menanti nantikan Tuhan maka kita akan mendapatkan kekuatan baru sehingga tidak akan menjadi lemah. Dan juga pertolongan Tuhan itu selalu tepat pada waktunya.

Kehidupan memang tidak pernah menjanjikan kepastian  dari masalah, namun setidaknya jangan menyerah atau putus asa sebab kita masih memiliki Yesus sebagai satu-satunya harapan dan sumber pertolongan kita. Tetaplah kuat di dalam Yesus dan jadilah pemenang. Amin

Dalam menghadapi masalah ambillah tindakan untuk berdoa serta berseru

hanya kepada Dia yang berkuasa

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen + 18 =