Proses Tuhan

Share This Article

Ayat Bacaan: Kejadian 50:15-21

Kita tahu sekarang bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah
Roma 8:28

 

Saat kita melihat perhiasan yang indah yang dijual di toko mungkin kita sempat tertarik. Namun, apakah kita mengetahui bahwa sebelum emas berubah menjadi perhiasan yang indah terlebih dahulu harus diproses? Emas itu dimasukkan ke dalam dapur perapian, ditempa sedemikian rupa. Bahkan jika hasilnya belum baik, maka emas tersebut terus disempurnakan sehingga pada saat ia keluar akan menjadi sesuatu yang indah. Dan semakin panas pemurnian dari emas tersebut maka hasilnya pun akan semakin murni.

Dalam firman Tuhan kita melihat Tuhan memproses hamba-hambaNya, seperti misalnya Yusuf yang mengalami perlakuan yang buruk dari saudara-saudaranya. Ia dijual ke Mesir, bahkan difitnah dan dipenjarakan. Namun melalui masalah, akhirnya Yusuf menjadi penguasa Mesir dan menjadi penolong bagi keluarganya. Dalam setiap proses, pasti ada rencana Tuhan. Walau nampaknya kita mengalami hal yang mungkin tidak menyenangkan, melalui masalah dan tantangan, akhirnya selalu mendatangkan kebaikan. Begitu juga dengan hidup ini. Dengan cara memproses, Tuhan rindu supaya kita menjadi indah di hadapanNya. Dan melalui pembentukan yang ada, Tuhan ingin kita memiliki karakter Tuhan, serta iman kekristenan yang semakin dewasa dan teruji. Hanya melalui proses akan terlihat bagaimana iman kita yang sebenarnya kepada Tuhan.

Selain itu, kita boleh memiliki pengalaman pribadi dengan Tuhan. Oleh karena itu, saat menghadapi pencobaan atau masalah jangan cepat putus asa atau tawar hati. Tetap hadapilah kenyataan yang ada, tetap teguh dalam Tuhan supaya pada akhirnya kita dapat muncul seperti emas yang murni. Dalam setiap proses, yakinlah bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan kita, dan semua yang kita alami tidak akan pernah melampaui kekuatan kita. Tuhan tahu kemampuan kita dan sampai dimana batas kekuatan kita. Tuhan akan menopang saat kita jatuh, sehingga tidak akan sampai jatuh tergeletak. Mintalah selalu kekuatan Tuhan dan Roh KudusNya agar kita dapat melewati setiap proses. Jika Tuhan memurnikan hidup kita, Ia pasti melakukannya dengan sempurna. Sebab itu jangan pernah memberontak, supaya proses kita tidak semakin lama. (J)

Saat ini jika Anda mengalami proses tetaplah bertahan, serta bersyukurlah kepada Tuhan. Karena pada saatnya nanti Anda akan menikmati hasil yang indah, dimana Anda boleh menikmati rencana Tuhan yang baik dalam hidup Anda.

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 3 =