Perjanjian Tuhan Digenapi

Share This Article

Ayat Bacaan: Kejadian 21:1-34

Maka mengandunglah Sara, lalu ia melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abraham dalam masa tuanya, pada waktu yang telah ditetapkan,

sesuai dengan firman Allah kepadanya.

Kejadian 21:2

Pada saat Abraham dan Sarah telah lanjut usia, maka Tuhan pun menggenapi perjanjianNya, yaitu Ishak lahir. Penantian Abraham bukanlah sesuatu yang sia-sia karena setelah menunggu dalam waktu yang cukup lama, akhirnya Tuhan menggenapi janjiNya, Tuhan memberkati Abraham dengan keturunan. Demikian pula saat kita menantikan janji Tuhan, perjanjianNya pasti akan digenapi. Ingatlah bahwa Tuhan bukanlah manusia yang bisa berdusta. Dia adalah Tuhan yang berkuasa dan tidak pernah ingkar janji. Begitu pula jika Tuhan sudah berjanji kepada kita, maka hal itu pasti akan tergenapi. Tidak peduli berapa lama waktu yang diperlukan, pada waktuNya Tuhan pasti akan menggenapi perjanjianNya.

Saat menantikan janji Tuhan, mungkin kita harus melewati proses, namun kita harus tetap bertahan dan kuat di dalam Tuhan. Kita tidak boleh mudah menyerah atau putus asa dengan keadaan yang ada, kita harus tetap tegar dan maju. Percayalah bahwa Tuhan menetapkan kita sebagai umat yang berkemenangan, serta rencanaNya tidak akan pernah gagal. Anggaplah setiap proses sebagai suatu hal yang semakin mendewasakan iman kita.

Yang perlu kita lakukan dalam menantikan janji Tuhan yaitu tetap tekun dan setia. Ini adalah kunci utama untuk menerima penggenapan janji Tuhan. Kita perlu memiliki ketekunan di dalam menantikan janji Tuhan. Tetap tekun di dalam doa kita dengan Tuhan. Walaupun hari ini doa kita mungkin belum terjawab, kita harus terus berdoa tanpa berputus asa, sebab Tuhan selalu mendengar permohonan kita. Jangan pernah berfokus pada situasi yang terjadi, supaya iman kita tidak menjadi lemah, serta jangan berhenti berdoa.

Yakobus 5:16 b menuliskan bahwa doa orang benar bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya. Jadi tetaplah tekun berdoa. Kita juga perlu tetap setia kepada Tuhan. Jangan pernah berpaling dari Tuhan, sebab Dialah satu-satunya Tuhan yang menolong kita. Yesus sanggup melakukan perkara yang besar, sehingga kita seharusnya mengandalkanNya.

Yang berikutnya yaitu tetap percaya kepada Tuhan. Sekalipun saat ini kita belum melihat penggenapan janji Tuhan, kita harus tetap percaya bahwa Tuhan pasti akan menepatinya. Pengkotbah 3:11 mengatakan bahwa Dia membuat segala sesuatu indah pada waktunya. Tuhan tidak pernah terlambat ataupun terlalu cepat di dalam menggenapi perjanjianNya. Jadi, jangan pernah cemas ataupun bimbang terhadap janji Tuhan.

 

Bagaimanapun situasi kita hari ini tetaplah nantikan Tuhan, serta milikilah keyakinan bahwa setiap janji Tuhan pasti akan digenapi

dan tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Amin.

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 2 =