Pelajaran tentang Kehidupan

Share This Article

Ayat Bacaan: Kejadian 49:1-33

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau;

Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan

Yesaya 41:10

Kehidupan yang kita lalui itu bukanlah hanya sekadar perjalanan yang harus dilalui namun di dalamnya ada beberapa hal yang dapat kita renungkan supaya kita boleh tetap optimis dalam menjalani hidup ini. Yang terutama, renungkanlah bahwa tidak selamanya dalam hidup ini kita mengalami jalan yang mulus, ada saatnya kita mengalami masalah, suka duka, kegagalan, kemenangan selama kita di dunia. Tetapi sekalipun kita mengalami kegagalan jangan menjadi pesimis tetaplah memiliki rasa optimis sebab rencana Tuhan bagi kita itu indah, Tuhan pasti memberikan kemenangan. Bahkan ketika kita mengalami keadaan yang baik kita harus tetap bersyukur sebab hanya karena Tuhan saja kita dimampukan mendapatkan yang terbaik. Jadi di dalam keadaan apapun, hendaklah kita tetap berfokus kepada Tuhan sebab Dia adalah sumber kehidupan kita. Dalam hidup ini, kita diajarkan untuk tidak berhenti menabur sebab selama kita masih hidup maka siklus menabur dan menuai tidak akan pernah berhenti sehingga jangan pernah kita berhenti untuk menabur. Firman Tuhan mengatakan bila kita menabur, suatu saat kita pasti akan menuainya. Selama hidup, kita diajarkan untuk menabur kemurahan, dengan menolong sesama yang membutuhkan sehingga pada waktunya kita akan menuai.

Dalam menjalani hidup ini kita harus tetap maju dan tidak boleh berhenti terutama saat ada persoalan sebab waktu tidak akan dapat kembali, sehingga kita harus tetap bangkit dari setiap keadaan. Percayalah bahwa Tuhan selalu memberikan kita kesempatan untuk menjadi pemenang. Bahkan jangan pernah kita dikuasai oleh masa lalu sebab hidup kita tidak ditentukan oleh masa lalu namun hari ini. Bersama Tuhan, kita pasti akan tetap kuat dan maju menjalani hidup ini untuk mencapai tujuan dan harapan kita. Bahkan dalam hidup ini kita harus selalu bermurah hati dengan selalu memaafkan dan mengampuni orang lain. Seringkali hati kita disakiti oleh sesama kita, di saat demikian kita harus dapat mengampuni sebab selama kita hidup kita tidak akan dapat menghindari rasa sakit hati. Kita harus selalu berbesar hati dengan cara saling mengampuni.

Kehidupan ini merupakan anugrah yang Tuhan berikan bagi kita, oleh sebab itu kita harus tetap bersyukur dengan apapun keadaan kita. Jalani hidup ini dengan optimis sebab rencana Tuhan indah bagi kita. Amin.

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six − three =