Musim dalam Kehidupan

Share This Article

Ayat Bacaan: Kejadian 8:1-22

Selama bumi masih ada, takkan berhenti-henti musim menabur dan menuai,

dingin dan panas, kemarau dan hujan, siang dan malam.”

Kejadian 8:22

 Ibarat seperti petani yang selalu menabur dan menuai, demikianlah halnya di dalam hidup ini. Segalanya pasti akan datang bergantian, seperti halnya suka dan duka, kegagalan dan kemenangan. Semua ini akan selalu kita alami selama kita berada di dalam dunia. Bahkan ada saatnya kita mengalami masa-masa sulit. Namun di dalam situasi apapun, kita harus tetap kuat sebab untuk segala sesuatunya pasti ada waktunya. Untuk semuanya Tuhan sudah mengatur dengan baik. Tidak selamanya kita mengalami persoalan, tidak selamanya kita mengalami kegagalan. Pengkotbah 3:11 menuliskan bahwa untuk segalanya itu pasti ada waktunya. Tuhan pasti akan memberikan pertolonganNya.

Saat kita berada di dalam persoalan, yakinlah bahwa Tuhan selalu turut bekerja di dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita (Roma 8:28). Tuhan ingin melatih karakter kita. Di balik setiap persoalan pasti ada rencana Tuhan yang indah. Masalah hanyalah sebuah cara untuk mendewasakan iman kita. Dengan adanya masalah, iman kita akan semakin bertumbuh dan menjadi kuat. Tidak ada satupun rancangan Tuhan yang buruk, jalanNya bagi kita penuh dengan kebaikan.

Saat mengalami masa yang sulit, hendaklah kita tetap teguh di dalam Tuhan. Berharaplah terus akan pertolongan Tuhan. Ketika berada di dalam situasi yang baik, kita harus bisa bersyukur kepada Tuhan karena semua itu hanyalah oleh karena anugrah Tuhan. Kehidupan kita tidak akan berarti tanpa Tuhan. Di saat mengalami situasi kehidupan yang nampaknya buruk sekalipun, janganlah kita menjadi tawar hati, sebab Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Kasih setiaNya tetap bersama kita.

Di dalam hidup ini ada waktunya juga untuk kita menjadi tenang, dan berdiam diri di hadapan Tuhan. Adakalanya kita hanya dapat menyerahkan segala beban kita kepadaNya. Ada juga waktunya kita menerima bagian dari Tuhan yaitu berkat serta petolonganNya. Yang terpenting yang harus kita lakukan adalah kita harus dapat menikmati setiap musim kehidupan yang kita alami. Kita harus dapat belajar bersyukur kepada Tuhan sebab Dia adalah Tuhan yang baik. Hanya Tuhanlah sumber kekuatan, serta pengharapan di saat kita menghadapi persoalan.

Apapun keadaaan kita saat ini, tetaplah lakukan bagian kita, sebab Tuhan akan terus berkarya di dalam hidup kita. Tuhan akan menyertai kita di dalam setiap musim yang kita jalani. Mengucap syukurlah kepada Tuhan sebab Ia baik bahwasaNya untuk selamanya kasih setia Tuhan atas kita.

Tuhan akan memberikan kemenangan bagi kita. Amin.

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + 8 =