Penyertaan Tuhan

Share This Article

Ayat Bacaan: Yosua 16:1-10

Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya;

maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu.

Kejadian 39:2

Dalam Firman Tuhan dikisahkan bahwa Yusuf mengalami banyak proses dan tantangan. Saudara-saudara Yusuf sangat membencinya, sehingga ia dijual sebagai budak di Mesir. Sekalipun melewati banyak proses namun Yusuf mengalami keberhasilan dan ia menjadi orang yang terkenal di Mesir. Salah satu kunci keberhasilan Yusuf adalah karena penyertaan Tuhan ada pada dirinya. Begitu pula dengan setiap kita, jika ingin mengalami keberhasilan, kita membutuhkan penyertaan Tuhan. Tuhan memiliki kuasa yang tidak terbatas; Ia akan membimbing kita kepada jalan yang menuju keberhasilan. Sekalipun mengalami banyak kesukaran, jika disertai Tuhan, maka kita pasti akan meraih keberhasilan. Apapun pekerjaan kita, jika diikuti oleh penyertaan Tuhan, akan menjadi berkat bagi kita.

Penyertaan Tuhan juga membuat semuanya menjadi mudah; apa yang mustahil bagi manusia tidak mustahil bagi Tuhan. Kunci penyertaan Tuhan yaitu kita harus hidup berkenan di hadapan Tuhan sebab Ia akan menyertai saat kita hidup kudus dan berkenan di hadapanNya. Tuhan kita itu kudus, sehingga kita pun harus kudus. Bahkan kita juga perlu meminta penyertaan Roh Kudus agar kita dibimbing ke arah yang benar dan menuju kepada keberhasilan. Mari kita senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan, karena saat kita memiliki hubungan yang karib dengan Tuhan, hidup kita akan disertai oleh Tuhan. Selain itu kita perlu memiliki kerendahan hati. Artinya, kita menyadari kemampuan kita, mengakui kebesaran Tuhan dan sepenuhnya mengandalkan Tuhan. Sebagai orang yang hebat kita bisa jatuh, sebagai orang yang sempurna kita bisa gagal, namun hanya dengan penyertaan Tuhan kita dapat menjadi orang yang sukses. Yang berikutnya, untuk mendapatkan penyertaan Tuhan, kita harus memiliki kerajinan dan ketekunan. Tuhan menyertai Yusuf sebab ia dapat mengatur semua tanggung-jawabnya dengan baik. Begitu pula apapun yang Tuhan percayakan bagi kita harus kita lakukan dengan rajin dan tekun.

Serahkanlah seluruhnya kepada Tuhan, biarkan Tuhan yang menyertai dan bekerja atas setiap kita. Tanpa penyertaan Tuhan semuanya akan menjadi sia-sia, sebab usaha manusia itu terbatas. Sebaliknya, saat Tuhan beserta maka kita akan mendapatkan berkat dan keberhasilan. Jangan pernah takut dengan setiap tantangan yang ada, sebab Dia yang menyertai kita lebih besar dari semuanya. PenyertaanNya sempurna dan Ia akan membimbing kita kepada kemenangan.

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine − 1 =