Menentukan Pilihan

menentukan pilihan
Share This Article

Ayat Bacaan: Ulangan 30:1-20

Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian.

Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminya pun memakannya.

Kejadian 3:6

Hidup setiap orang sangat ditentukan oleh pilihan yang diambilnya. Setiap hari, kita semua dihadapkan dengan pilihan-pilihan, baik dalam mengambil keputusan, atau memilih jalan yang akan ditempuh. Setiap orang diberikan hak kebebasan di dalam memilih, sesuai dengan keinginan hatinya. Namun kita harus ingat bahwa setiap pilihan yang kita ambil memiliki resiko. Ada pilihan yang membawa kita kepada hal yang baik, namun sebaliknya ada pilihan yang membawa hal yang buruk. Kita harus berhati-hati dalam setiap pilihan yang kita ambil, karena pilihan kita tersebut sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Di Alkitab dikisahkan tentang Hawa yang makan buah pengetahuan baik dan jahat. Hal itu merupakan pilihannya, dan dari pilihan itu ada resiko yang harus diambil. Sejak saat itu, Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa. Oleh sebab itu, janganlah kita mengambil pilihan yang hanya menuruti keinginan kita, sebaliknya kita perlu menyesuaikan pilihan kita dengan kebenaran Firman. Selain itu, dalam mengambil keputusan dan mengiring Tuhan, kita perlu senantiasa memiliki komitmen. Saat kita sudah memilih Tuhan, maka untuk selama-lamanya kita harus tetap mengikut Tuhan. Ketika kita memilih mengikut Tuhan, ini merupakan suatu pilihan yang tepat dan benar.

Begitu pula ketika kita mengalami kegagalan, kita harus pastikan bahwa kita akan memilih untuk bangkit dan kembali fokus kepada tujuan yang semula, yaitu untuk mencapai kemenangan. Saat kita memilih untuk terpuruk dalam kegagalan, maka kita akan sulit mencapai keberhasilan. Namun ketika kita memilih untuk bangkit, akan mudah bagi kita untuk meraih keberhasilan. Semua pilihan ini kita yang menentukan, oleh karenanya kita harus dapat mengambil pilihan yang benar. Begitu pula saat kita menghadapi masalah, janganlah kita hanya meratapinya. Sebaliknya kita harus lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan tetap maju menghadapi setiap persoalan. Percayalah bahwa Tuhan pasti akan memberikan jalan keluar serta kemenangan bagi kita. Dalam menghadapi persoalan apapun, tetaplah optimis.

Ingatlah bahwa keputusan yang kita ambil hari ini akan menentukan hidup kita di masa yang akan datang. Jadi pastikan bahwa setiap pilihan kita itu benar dan tepat. Mintalah bimbingan Tuhan supaya Ia memberikan hikmat kepada kita dalam mengambil setiap keputusan.

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × four =