Melewati Proses

Share This Article

Ayat Bacaan: Hakim-Hakim 1:1-36

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia,

yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Roma 8:28

Rosa Kutty adalah pelari jarak menengah top India pada era 1990 an. Namun di tahun 1992, ia sempat mengalami patah tulang, meskipun telah berhasil meraih medali emas bahkan juga berhasil memecahkan rekor nasional 400 m dan 800 m. Tetapi Ssebelum menjadi sukses, Rosa Kutty ternyata harus melewati proses. Ketika masih kecil, setiap hari Rosa harus berlari ke pasar sejauh 5 km untuk membantu keluarganya berjualan buah. Dari semua itu, ternyata Tuhan mempersiapkan dirinya untuk menjadi seorang atlet. Dalam hidup ini seringkali kita mengalami tempaan, atau sebuah proses yang secara daging sangat tidak mengenakkan, namun semua itu pasti akan mendatangkan kebaikan. Setiap proses yang  masing-masing kita alami pun berbeda, ada yang mengalami tempaan begitu keras, bahkan membutuhkan waktu yang lama, namun tujuannya tetap sama, yaitu untuk membentuk kita menjadi sempurna. Dalam Firman Tuhan juga dikisahkan bagaimana Yusuf melewati proses yang begitu panjang. Namun ketika proses itu selesai, ia melihat rencana Tuhan yang indah dalam hidupnya.

Ketika sedang mengalami proses, ingatlah bahwa Yeremia 29:11 mengatakan rancangan Tuhan adalah rancangan yang penuh dengan damai sejahtera, sehingga jangan menyerah, mengeluh atau marah kepada Tuhan. Sebaliknya tetaplah bertahan, sebab di balik setiap pergumulan yang kita alami selalu ada maksud dan rencana Tuhan yang indah. Walaupun nampaknya buruk, percayalah Tuhan tidak pernah merencanakan hal yang buruk bagi kita. Kalaupun kita tidak mengerti dan belum melihat rencana Tuhan, suatu hari nanti Tuhan pasti akan menyatakan kehendakNya yang terbaik bagi kita. Roma 8:28 mengatakan bahwa Ia turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Dia. Dengan adanya proses yang kita alami, sebenarnya Tuhan sedang mempersiapkan kita menjadi pribadi yang kuat dan tangguh. Bahkan Tuhan ingin kita memiliki kedewasaan iman. Melewati proses memang bukanlah sesuatu yang mudah. Mintalah supaya Tuhan memberikan kekuatan sehingga kita dimampukan untuk melewati semua proses tersebut. Tanpa adanya proses, kita tidak akan mengalami suatu terobosan dan tidak akan melihat perkara yang baru.

Dalam hidup ini Tuhan tidak berjanji bahwa semua akan bisa kita peroleh dengan cara yang instan. Seringkali perlu ada proses bagi kita, namun di balik setiap proses ada berkat Tuhan yang akan dinyatakanNya indah pada waktunya. Bagian kita hanyalah tetap bertahan sampai selesainya proses tersebut. Mereka yang dapat bertahan akan memperoleh kemenangan.

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 5 =