Percaya Walau Tidak Melihat

Share This Article

Ayat Bacaan: Yosua 11:1-23

Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

Yohanes 20:29

Tuhan Yesus mengatakan bahwa berbahagialah mereka yang percaya walau tidak melihat. Tetapi banyak dari kita yang lebih mudah untuk percaya saat kita melihat. Misalnya, saat kita berbicara tentang mujizat, kita akan lebih percaya ketika kita melihatnya. Dalam firman Tuhan dikisahkan walaupun Abraham harus menunggu lama saat menanti anak yang Tuhan janjikan, Abraham tetap menanti dengan percaya meskipun sepertinya tiada dasar untuk berharap. Imannya tidak menjadi lemah, ia tetap menaruh percaya dan pengharapannya kepada Tuhan bahwa Tuhan pasti menepati janjiNya. Abraham tetap percaya kepada janji Tuhan sampai pada akhirnya Abraham melihat penggenapan janji Tuhan tersebut. Ketika kita mau percaya, maka Tuhan pasti menyatakan mujizatNya bagi kita. Oleh sebab itu, dalam kondisi apapun kita harus belajar untuk selalu percaya kepada Tuhan, sebab Tuhan yang kita percayai bukanlah manusia yang dapat mengecewakan. Percaya artinya kita tidak akan pernah cemas lagi dengan kehidupan kita saat ini maupun di masa yang akan datang sebab kita yakin bahwa Tuhan tidak pernah mengecewakan orang yang percaya kepadaNya.

Kunci utama untuk tetap percaya yaitu kita harus mengenal siapa Tuhan kita. Yesus yang kita percaya itu berkuasa atas segalanya serta mampu melakukan banyak hal dan tiada yang sukar bagi Dia. Saat kita memiliki pemahaman ini kita akan menjadi kuat, sekalipun ada banyak masalah yang terjadi, kita tetap percaya bahwa Tuhan pasti memberikan pertolongan dan jalan yang terbaik bagi kita. Selain itu supaya iman percaya kita menjadi kuat, kita perlu membaca Firman sebab di dalam FirmanNya ada banyak janji Tuhan yang dapat menguatkan iman kita. Saat iman mulai goyah, kita perlu membaca Firman agar janjiNya meneguhkan kita dan percayalah bahwa janji Tuhan pasti digenapi bagi mereka yang percaya. Ingatlah pula akan perbuatan Tuhan yang besar di masa lampau supaya saat kita menghadapi masalah yang sekarang kita boleh tetap percaya kepada Tuhan, sebab kuasa Tuhan tidak pernah berubah bagi kita.

Sekalipun ada banyak godaan yang membuat kita menjadi sulit percaya, marilah kita tetap teguh dan menguatkan kepercayaan kita. Ketika kita sulit percaya maka kita tidak akan dapat menikmati penggenapan janji Tuhan. Sekalipun saat ini kita belum melihat penggenapan janji Tuhan, kita harus belajar percaya bahwa tepat pada waktuNya, Tuhan akan menggenapi segala janjiNya bagi kita. Dengan mempercayai Tuhan berarti kita percaya kepada kuasaNya yang tidak terbatas. Mari mulai saat ini kita tetap percaya kepada Tuhan, sehingga kita akan melihat kemenangan dan mujizat dari Tuhan. Amin.

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 19 =