Kuat di Tengah Ujian

Share This Article

Ayat Bacaan: Keluaran 11:1-10

Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji,

ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

Yakobus 1:12

Seorang pelajar yang ingin naik tingkat pendidikan yang lebih tinggi akan terlebih dahulu mengikuti ujian, sampai ia lulus berarti sudah dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi. Saat mengalami ujian apapun  bukanlah sesuatu yang menyenangkan, tetapi semua itu harus dilalui untuk kebaikan. Dalam Firman Tuhan dikisahkan mengenai Ayub yang mengalami ujian begitu berat, kenyataan buruk yang dialaminya mungkin tidak pernah terbayangkan, dibalik derita yang dialaminya, Ayub tetap bertahan dan kuat hingga pada akhirnya Tuhan menyatakan pertolonganNya pada Ayub  dan kehidupannya pun dipulihkan. Apa yang hilang dari Ayub Tuhan kembalikan, sungguh luar biasa. Kunci dari semua itu adalah kuat di dalam setiap ujian.

Demikian pula di dalam kehidupan kita, terkadang kita mengalami proses atau ujian, yang secara daging tidak menyenangkan, namun harus tetap kuat dan bertahan di dalamnya. Kita harus bisa melewati proses ujian yang Tuhan berikan hingga selesai. Percayalah segala sesuatu pasti mendatangkan kebaikan (Roma 8:28) . Setiap proses tidak  pernah melebihi kekuatan manusia, semuanya dapat ditanggung, Tuhan tahu batas kemampuan kita serta Dia akan memberikan kekuatan, bahkan pengharapan yang sempurna. Selain itu kita perlu percaya bahwa untuk setiap ujian yang dialami semua ada waktunya, Tuhan pasti akan membuat segala sesuatu indah pada waktuNya. Oleh karena itu kita harus tetap optimis, sabar dan bertekun di dalam Tuhan, karena Ia akan merangkul anak-anakNya masuk pada rencanaNya yang indah, ketika kita taat padaNya.

Agar kita dapat bertahan, setidaknya harus selalu dekat dengan Tuhan khususnya melalui doa, sebab Dia adalah sumber kekuatan kita. Dan ketika kita berdoa Tuhan akan memberikan hikmatNya di dalam menghadapi setiap masalah. Apapun yang kita alami saat ini, jangan menjadi lemah, tetaplah kuat sebab di dalam Dia selalu ada pengharapan dan kepastian. Kita harus menerima proses jangan menghindar, sebab segalanya pasti baik. Bahkan ketika kita mengalami proses kita akan mengenal pribadi Tuhan yang luar biasa. Ingatlah rancangan Tuhan itu selalu yang terbaik dan kasih setiaNya tetap untuk selama lamanya

Tetaplah kuat di dalam Tuhan. Amin

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 − 4 =