Jangan Takut

Share This Article

Ayat Bacaan: Kejadian 15:1-20

Kemudian datanglah firman TUHAN kepada Abram dalam suatu penglihatan:

“Janganlah takut, Abram, Akulah perisaimu; upahmu akan sangat besar.”

Kejadian 15:1

 

Di dalam ayat bacaan, kita melihat bahwa Abraham mengalami ketakutan sebab belum memiliki keturunan, namun Tuhan berfirman dan memberikan kekuatan agar Abraham jangan takut. Tuhan tetap setia dengan perjanjianNya. Pada akhirnya, Tuhan memberkati Abraham dengan seorang anak. Begitu pula dalam hidup ini, seringkali masalah dan persoalan dapat membuat kita menjadi takut. Ketakutan memang dapat dialami oleh siapa saja, tapi yang terpenting jangan sampai kehidupan kita dikuasai oleh ketakutan. Firman Tuhan mengatakan bahwa Tuhan tidak memberikan kepada kita roh ketakutan, melainkan roh yang membawa kuasa kasih dan ketertiban.

Kita tidak perlu takut sebab Tuhan selalu beserta dengan kita untuk memberikan harapan, pertolongan serta kemenangan. Dia adalah Tuhan yang berkuasa, yang sanggup melakukan apapun juga. Pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat, jadi kita hanya perlu percaya kepada Tuhan sebagai satu-satunya andalan hidup kita. Jangan takut, sebab Tuhan adalah kemenangan kita, dan bersama Dia kita pasti akan menjadi pemenang. Sekalipun kita mengalami kegagalan, kita harus optimis serta mampu bangkit untuk mendapatkan kemenangan.

Untuk mengatasi ketakutan, setiap kita harus selalu dekat dengan Yesus. Mazmur 62:2 menuliskan bahwa hanya dekat dengan Tuhan saja kita akan mendapat ketenangan. Saat tinggal dekat dengan Tuhan, maka damai sejahterahNya akan meliputi hati kita dan melenyapkan segala ketakutan. Setiap saat kita perlu dekat dengan Tuhan supaya Dia selalu menopang kehidupan kita.

Selain itu kita perlu tetap berfokus pada Yesus, dan bukan pada masalah, sebab semakin kita berfokus pada masalah, kita akan semakin cemas dan takut. Sebaliknya, waktu berfokus pada Tuhan, kita akan melihat kebesaran kuasaNya, yang membuat kita menjadi kuat dan tidak takut. Belajarlah hanya memandang kepada Tuhan.

Hal yang terpenting di dalam hidup ini adalah percaya kepada Tuhan, khususnya terhadap janji-janji Tuhan, sebab janji Tuhan pasti akan digenapi. Menghadapi situasi apapun, janganlah kita takut. Tetap berpegang dan percaya kepada Tuhan, sebab mereka yang percaya kepada Tuhan tidak akan pernah dikecewakan. Pada waktu kita percaya pada janji Tuhan, maka iman kita akan dikuatkan lagi. Mari kita buang rasa takut dan menggantinya dengan iman percaya kepada Tuhan.

 

Jalani kehidupan ini tanpa dihalangi oleh rasa takut, percayalah bahwa

bersama Tuhan, kita akan menjadi umat yang menang.

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 4 =