Bukan Sesuatu yang Kebetulan

Share This Article

Ayat Bacaan: Bilangan 23:1-30

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN,

yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan

Yeremia 29:11

 

Dalam keseharian hidup ini seringkali kita menganggap ada banyak peristiwa yang kebetulan terjadi. Padahal sebenarnya dalam hidup ini tidak pernah ada peristiwa yang kebetulan. Semua yang terjadi dalam segala hal, Tuhan selalu ingin menyatakan rencanaNya yang indah bagi kita. Beberapa hal yang tidak pernah terjadi kebetulan yaitu keberadaan kita di dunia, ini bukanlah sesuatu yang kebetulan sebab dari sejak kita berada dalam kandungan, Tuhan telah mengenal kita dan menetapkan hari-hari yang akan dijalani. Dialah yang melukiskan hari-hari yang kita lewati Sehingga untuk setiap kejadian yang baik ataupun buruk semuanya ada dalam kendali Tuhan dan dalam pengetahuanNya. Artinya saat kita mengalami peristiwa yang buruk kita tidak perlu takut karena Tuhan selalu peduli. Dia berjanji bahwa Ia akan menyediakan hari depan yang baik dan penuh dengan pengharapan (Yeremia 29:11). Keberadaan kita bukanlah sesuatu yang kebetulan karena Tuhan memiliki tujuan dan rencana bagi setiap kita, di mana Dia rindu agar kita dapat menggenapi rencanaNya. Oleh karena itu terkadang kita mengalami proses dan pembentukan yang memang tidak kita sukai namun kita harus bertahan supaya rencanaNya tergenapi.

Begitu pula saat mengalami sesuatu keberuntungan kita mengatakan bahwa semua ini adalah hal yang kebetulan terjadi. Sebenarnya tidak ada sesuatu peristiwa yang terjadi secara kebetulan. Kita patut bersyukur di kala mengalami banyak keberuntungan. Sebab semua hanya karna anugrah Tuhan. Demikian pula saat kita mengalami peristiwa yang buruk janganlah menjadi putus asa karena semuanya seizin Tuhan saja dan dalam kendaliNya. Maka itu dari semula Tuhan telah merancangkan kehidupan kita dengan penuh kebaikan, bahkan Ia menyediakan hari esok yang penuh harapan. Di saat kita mengalami sakit penyakit, masalah ekonomi, persoalan dalam keluarga, semuanya ada dalam kendali Tuhan dan Ia mengetahui keadaan yang terjadi. Jangan pernah takut sebab semua itu tidak akan membawa hal yang buruk namun semua yang terjadi akan mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihiNya. Tetaplah kuat dan bertahan di dalam Tuhan.

Mari mulai saat ini kita merenungkan bahwa semua yang terjadi merupakan seizin Tuhan. Dan ingatlah bahwa apa yang nampaknya kebetulan menurut manusia, bagi Tuhan bukanlah sesuatu yang kebetulan karena Dia yang menetapkan segalanya bagi kita. Amin

Dari semula Tuhan telah merancangkan kehidupan kita dengan penuh kebaikkan, bahkan Ia menyediakan hari esok yang penuh harapan.

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 2 =