Belajar Mengerti Rencana Tuhan

belajar mengerti rencana Tuhan
Share This Article

Ayat Bacaan: Ulangan 34:1-12 

“Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu,

dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.”

Ayub 42:2

Firman Tuhan mengatakan bahwa rancangan Tuhan berbeda dengan rancangan manusia. Apa yang kita inginkan belum tentu sesuai dengan rancangan Tuhan. Tuhan memiliki rancangan yang sempurna, dan manusia tidak dapat meyelami pikiran Tuhan. Hal ini yang seringkali membuat kita tidak mengerti. Begitu pula setiap pergumulan dan tantangan yang kita alami seringkali membuat kita menjadi kecewa ataupun tawar hati. Tetapi sebenarnya apapun yang terjadi dalam hidup ini, jangan sampai membuat kita menjadi kecewa. Sekalipun rancangan kita tidak terwujud tetaplah bersyukur, sebab di dalam segala keadaan Tuhan memiliki rencana yang terbaik buat kita. Tuhan tidak pernah merancangkan hal yang buruk buat kita. Tuhan lebih mengerti akan hidup kita di masa kini dan di masa yang akan datang. Roma 8:28 mengatakan bahwa Dia bekerja di dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Dia. Artinya, setiap perkara yang terjadi tidak pernah terjadi secara kebetulan, selalu ada maksud dan tujuan Tuhan. Yeremia 29:11 menuliskan bahwa rancangan Tuhan itu adalah rancangan yang penuh dengan kebaikan dan memberikan hari depan yang penuh pengharapan. Jadi, jangan pernah keadaan buruk membuat kita menyerah, atau menjadi pesimis. Di dalam kondisi apapun kita harus tetap kuat sebab rencana Tuhan atas kita itu baik.

Dalam Firman Tuhan juga dikisahkan tentang Ayub yang secara tiba-tiba mengalami ujian dalam hidupnya. Ayub mungkin tidak memahami maksud Tuhan, namun setelah Tuhan memulihkan keadaan Ayub, akhirnya Dia menyadari bahwa Tuhan sanggup melakukan segala sesuatu dan tidak ada rencanaNya yang gagal. Oleh karena itu, saat kita mengalami masalah, hendaklah kita tetap kuat dalam setiap proses yang kita alami. Majulah terus, sebab di balik proses itu, kita pasti melihat rancangan Tuhan yang indah. Untuk dapat mengerti rencana Tuhan, kita harus memiliki penyerahan diri kepada Tuhan. Kita perlu percaya bahwa Tuhan sedang merancangkan suatu kehidupan yang terbaik bagi kita. Saat kita berserah maka Tuhan akan bekerja secara luar biasa dalam hidup kita, dan Ia akan menyatakan rancanganNya yang sempurna.

Bila saat ini kita belum memahami rancangan Tuhan, janganlah kita bimbang. Marilah kita tetap berfokus pada Tuhan, sampai Ia menyatakan rancanganNya yang terbaik bagi kita. Tuhan akan menyatakan semua indah pada waktuNya. Jangan pernah takut untuk masuk dalam rencana Tuhan, karena rancanganNya itu sempurna dan tidak pernah gagal atas kita. Rancangan Tuhan akan membawa kita kepada kemenangan demi kemenangan. Amin.

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

5 comments on “Belajar Mengerti Rencana Tuhan

  1. Bagaimana caranya bisa mengimani bahwa Tuhan ternyata melakukan jauh lebih besar, jauh lebih indah dari apa yang kita pikirkan dan kita doakan…??

  2. Dengan cara bersyukur ketika mengalami berkat sekecil apapun. Cara lainnya adalah dengan membaca, merenungkan, dan mendengarkan Firman Tuhan, karena iman timbul dari pendengaran akan Firman Tuhan (Roma 10:17). Gbu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − 3 =