Bertanggung Jawab

Share This Article

Ayat bacaan: Kejadian 44

Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia,

engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil,

aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Matius 25:23

 

Dalam ayat bacaan di atas, Yehuda telah berjanji kepada ayahnya untuk membawa Benyamin kembali pulang dengan selamat. Namun sekarang, mereka mempunyai suatu masalah. Mereka mungkin tidak akan bisa membawa Benyamin pulang, karena pelayan Yusuf menemukan pialanya yang tercuri dalam karung Benyamin.

Yehuda yang sudah memberikan janji kepada ayahnya, mengambil tanggung jawabnya dan berusaha meyakinkan Yusuf untuk menahan dirinya sebagai ganti Benyamin. Kita melihat di sini suatu karakter yang baik dari Yehuda. Karakter yang bertanggung jawab. Yehuda adalah seseorang yang memegang perkataannya. Karena janji yang sudah diberikannya, Yehuda bersedia untuk mengambil alih hukuman yang seharusnya dijatuhkan kepada Benyamin.

Kita melihat di sini suatu gambaran tentang keselamatan yang kita terima. Seharusnya kita semua dihukum atas dosa dan kesalahan-kesalahan yang kita perbuat, tetapi Yesus telah mengambil alih hukuman kita dengan cara mati di atas kayu salib. Sekarang, kita bukan lagi orang-orang yang dihukum, karena kita telah ditebus oleh darahNya yang kudus. Yesus telah menanggung semua kutuk-kutuk kita, dan memerdekakan kita untuk hidup dalam berkat.

Menyadari sepenuhnya akan karya keselamatan yang telah Yesus lakukan dalam hidup kita, apakah kita bisa mempertanggung-jawabkan hidup kita di hadapanNya? Apakah kita sudah hidup benar sesuai yang diajarkanNya melalui firmanNya, atau kita masih hidup dalam kesia-siaan dan mengejar hal-hal yang sia-sia? Marilah kita belajar menjadi pribadi-pribadi yang bertanggung jawab, supaya Tuhan berkenan mempercayakan hal-hal yang lebih besar lagi dalam kehidupan kita.

 

Orang yang dapat mempertanggung-jawabkan hidupnya disebut orang dewasa. (DC)

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three + fourteen =