CMO 31: GPdI El-Olam, Desa Sepangah, Kalimantan Barat

Share This Article

Permulaan CMO 31: GPdI El-Olam, Desa Sepangah, Kalimantan Barat, 7 Mei 2015

Hari Kamis, 07 Mei 2015, merupakan hari yang sangat bahagia dan bersejarah bagi Pdt. GPdI El-Olam, sebab hari itu menjadi hari pembebasan bagi mereka, di mana semua beban doa mereka selama ini untuk pembangunan gereja telah dijawab oleh Tuhan. Anugrah Ministries, sebagai perpanjangan tangan Tuhan menetapkan GPdI El-Olam yang terletak di Desa Sepangah, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat sebagai Proyek CMO yang ke 31.

GPdI El-Olam dirintis oleh Pdt. Reflis Dalending dan istrinya, Tisusanti pada akhir tahun 2010. Sebelumnya mereka melayani pekerjaan Tuhan di Kota Bitung, Sulawesi Utara. Namun dengan meninggalnya Ibu Mertua dari Pdt. Reflis, maka Bapak Mertua memohon untuk mereka pulang ke Desa Sepangah, sekaligus membuka pelayanan di sana. Dengan iman mereka mengambil keputusan untuk meninggalkan pelayanan di Bitung dan menuju ke Kalimantan Barat. Mereka mulai mengadakan ibadah dengan 6 orang jemaat di rumah Bapak Tisung (mertua dari Pdt. Reflis). Desember 2010, Pdt. Reflis menerima Surat Tugas Penggembalaan dari Majelis Pusat Sinode GPdI.

Awal 2011 GPdI El-Olam resmi berdiri sebagai organisasi gereja di Desa Sepangah. Dengan berjalannya waktu makin bertambah juga jumlah jemaat, maka pada bulan Juni 2012 bersama jemaat, Pdt. Reflis mulai membangun gedung gereja. Kurang lebih 2 tahun berjalan, maka pada bulan Agustus 2014, jemaat mulai beribadah di gedung gereja yang sedang dibangun, meskipun belum selesai pembangunannya.

Kondisi gereja GPdI El-Olam pada saat Tim Survey CMO datang adalah sebagai berikut: dinding belum diplester, lantai masih tanah, belum ada teras gereja, pintu dan jendela belum ada, pastori belum ada (seperempat gedung gereja sementara disekat untuk tempat tinggal gembala), MCK/WC tidak ada. Jumlah jemaat yang terdaftar sudah mencapai 56 jiwa, yang terdiri dari dewasa dan anak-anak. Sebagian besar jemaatnya adalah warga yang berpenghasilan rendah, dengan pekerjaan sebagai petani atau buruh tani di ladang orang lain.

Acara Permulaan Proyek CMO 31 dipimpin langsung oleh Ketua Yayasan Anugrah Pressindo, Ps. Daniel Hendrata, dan terlihat jelas antusiasme dari Gembala sidang maupun jemaat GPdI El-Olam dalam mengembangkan pekerjaan Tuhan.

Adapun yang akan di MakeOver dalam proyek CMO 31 ini adalah sebagai berikut :

  1. Plester dan cat dinding gereja keseluruhan, luar dan dalam
  2. Pembuatan plafon
  3. Pemasangan lantai keramik
  4. Pemasangan pintu dan jendela gereja
  5. Pembangunan pastori ukuran 8×6, dengan 2 kamar tidur
  6. Pembuatan 3 unit MCK (Mandi, Cuci, Kakus) untuk warga sekitar
  7. Pembuatan sumur air bersih buat warga sekitar

Kami berharap semuanya berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu atas penyertaan Tuhan. Terima kasih kepada mitra dari Anugrah Ministries yang telah mendukung kelangsungan proyek CMO 31 ini. Tuhan memberkati!

[wppa type=”slideonlyf” album=”358″]Any comment[/wppa]

[wppa type=”slideonlyf” album=”359″]Any comment[/wppa]

 

Peresmian Church MakeOver (CMO) 31: GPdI El-Olam Sepangah, Kalimantan Barat, 30 April 2016

Jumat, 29 April 2016, dini hari pukul 05.45 WIB, Tim Anugrah berangkat dan menuju ke Kalimantan Barat. Setelah menempuh penerbangan selama hampir 2 jam, kami mendarat di Bandara Supadio, Pontianak. Setelah itu, kami naik mobil sewaan menuju ke lokasi CMO 31 yaitu Kabupaten Landak. Empat jam kemudian, kami tiba di Kota Ngabang, ibukota Kabupaten Landak dan langsung meninjau persiapan Acara Peresmian CMO 31 di GPdI El-Olam Sepangah yang akan diselenggarakan keesokan harinya.

Sabtu, 30 April 2016, tepat pukul 17.00 WIB Acara Peresmian dimulai. Diawali dengan Pengguntingan Pita oleh Ps. Daniel Hendrata, setelah itu seluruh jemaat dan undangan bersama-sama masuk ke dalam ruangan gereja yang sudah selesai dimakeover untuk mengikuti Acara Peresmian. Kami mendengarkan beberapa Kata Sambutan, di antaranya oleh perwakilan Pemerintah setempat, juga ketua JPHT (Jaringan Pelayanan Hamba Tuhan) mewakili rekan-rekan Hamba Tuhan dari Interdenominasi Gereja se-Kecamatan Air Besar. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan Ibadah KKR.

Suasana puji-pujian yang penuh sukacita sangat dinikmati oleh seluruh yang hadir. Disambung dengan penandatanganan prasasti oleh Ps. Daniel Hendrata (Anugrah Ministries) dan Pdt. Reflis Dalending (Gembala Sidang GPdI El Olam), menyatakan secara resmi gedung gereja GPdI El Olam telah selesai dimakeover oleh Anugrah Ministries dan dikembalikan kepada seluruh jemaat untuk dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Selesai penandatanganan prasasti, Ps. Daniel Hendrata menyampaikan Firman Tuhan yang diambil dalam Kitab Roma 8:28, bahwa segala sesuatu diizinkan Tuhan terjadi untuk mendatangkan kebaikan bagi orang-orang yang mengasihiNya dan yang terpanggil sesuai dengan rencanaNya.

Semua yang hadir merasa senang dan diberkati, menjadi saksi bagaimana gedung gereja sekarang sudah menjadi bagus dan lebih mempresentasikan Kerajaan Sorga. Kebahagiaan tersendiri juga dirasakan oleh keluarga Gembala Sidang karena dulu mereka harus menggambil satu sudut di ruang ibadah untuk tidur, karena tidak ada pastori, namun sekarang mereka mendapatkan pastori yang layak tinggal.

[wppa type=”slideonlyf” album=”439″]Any comment[/wppa]

Adapun bagian-bagian yang sudah di makeover oleh Anugrah Ministries dalam proyek CMO 31 ini adalah sebagai berikut:

Bangunan Gereja, uk. 7x14m

Memasang Plafon

Memplaster seluruh Tembok luar dalam dan mengecat

Memasang Keramik pada Lantai

Memasang Pintu dan Jendela

Menambahkan Teras, uk. 2×3 m Full Keramik

 

Bangunan Pastori, uk. 6x8m (Dibangun Baru)

2 Kamar Tidur

1 Ruang Tamu

1 Kamar Mandi

1 Ruang Dapur
Selain gedung gereja dan pastori, kami juga mempersembahkan 2 unit MCK (Mandi, Cuci, Kakus) dan 1 unit sumur air bersih untuk masyarakan setempat. Baik Gembala Sidang, jemaat, maupun warga sekitar merasa sangat tertolong dan diberkati dengan proyek CMO 31 ini. Kami bersyukur karena Anugrah Ministries melalui program CMO dapat menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menolong orang-orang yang sangat membutuhkan. Terima kasih atas dukungan partners Anugrah sehingga proyek ini dapat terlaksanakan dengan baik. Nama Tuhan dipermuliakan. Amin.

[wppa type=”slideonlyf” album=”438″]Any comment[/wppa]

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − nine =