Church MakeOver (CMO) 29: GPdI Jemaat Imamat Rajani, Aek Horsik, Sumatra Utara

Share This Article

Permulaan Church MakeOver (CMO) 29: GPdI Jemaat Imamat Rajani, Aek Horsik, North Sumatra, 26 Maret 2015

Puji Tuhan, sampai saat ini Tuhan terus bekerja, menyertai Anugrah Ministries dalam melaksanakan program-programnya. Salah satu program tersebut adalah Program Church MakeOver (CMO). Pada tanggal 26 Maret 2015, Anugrah Ministries menetapkan GPdI Jemaat Imamat Rajani, di Aek Horsik, Sumatra Utara sebagai proyek CMO nya yang ke 29.

Setia menunggu jawaban Tuhan, sekian tahun lamanya bergumul, mengharapkan sebuah tempat ibadah yang lebih layak, baik Gembala Sidang maupun seluruh jemaat terus berdoa, sampai akhirnya doa itu terjawab oleh Tuhan.

GPdI Jemaat Imamat Rajani terletak di Desa Aek Horsik, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, yang digembalakan oleh Pdt. Hasan Gea, bersama Istri Adolfina Ariesanti Silaban dan ketiga anak mereka. Gereja ini dirintis di tahun 2005 dengan jumlah jemaat sebanyak dua keluarga saja. Jumlah jemaat saat ini ada 86 jiwa (Dewasa: 46 orang, Remaja: 10 orang, Anak-anak: 30 orang). Gedung gereja dibangun sejak tahun 2008, tetapi karena rendahnya ekonomi jemaat (sebagian besar mata pencaharian mereka adalah sebagai petani dan nelayan), keadaannya kurang layak.

Upacara Pembukaan CMO 29 diawali dengan ibadah singkat. Turut hadir Sekretaris Desa Aek Horsik, Ketua Dusun, dan Bendahara Wilayah GPdI Kabupaten Tapanuli Tengah. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan mewakili Pemerintah dan Organisasi Gereja, serta penandatanganan Memo of Understanding (MOU).

Adapun yang akan dikerjakan di CMO 29 adalah sebagai berikut:

  • Membangun fondasi gereja yang berukuran 7x12m
  • Memasang keramik pada lantai
  • Membangun teras gereja ukuran 2x2m
  • Mempersembahkan 2 unit MCK (Mandi, Cuci, Kakus) untuk warga setempat
  • Memperbaiki pastori
  • Jika dana masih memungkinkan, maka kami juga akan merapikan jembatan

Kiranya Tuhan memberkati Proyek CMO 29 ini, agar nama Tuhan dipermuliakan. Terima kasih atas dukungan mitra Anugrah Ministries yang telah memungkinkan kami melakukan proyek ini dan membuat perbedaan yang nyata dalam kehidupan umatNya. Tuhan memberkati!

[wppa type=”slideonlyf” album=”343″]Any comment[/wppa]

[wppa type=”slideonlyf” album=”346″]Any comment[/wppa]

 

Peresmian CMO 29: GPdI Imamat Rajani, Aek Horsik, Sumatra Utara, 28 Juli 2016

Aek Horsik adalah nama sebuah Desa kecil yang terletak di Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatra Utara. Di sana terdapat gereja GPdI Imamat Rajani yang digembalakan oleh Pdt. Hasan Gea. Bersama istri dan ketiga anaknya, Pdt. Hasan Gea setia melayani jemaat Tuhan sampai bisa mendirikan tempat ibadah. Meskipun sudah memiliki bangunan gereja, tapi kondisinya belum layak. Bertahun-tahun mereka berdoa, akhirnya Tuhan menjawab dengan melalui Anugrah Ministries, dalam program Church MakeOver nya yang ke 29 atau singkatnya disebut CMO 29. Setelah melewati proses yang cukup lama, oleh anugrah Tuhan, CMO 29 selesai juga direnovasi dan dapat diresmikan.

Kamis, 28 Juli 2016, suasana Desa Aek Horsik agak sedikit berbeda dari sebelumnya, khususnya di sekitar gereja GPdI Imamat Rajani. Telah berkumpul di sana para Hamba Tuhan dan jemaat dari sekitar Aek Horsik, yang antusias menghadiri acara Peresmian CMO 29. Mereka berkumpul sejak pukul 15.00 WIB. Tepat pukul 16.00 WIB, rombongan Anugrah Ministries tiba di lokasi. Acara peresmian diawali penyambutan pengalungan bunga oleh Pdt. Hasan Gea dan istri kepada Ps. Daniel Hendrata. Acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan pembukaan pintu gereja untuk pertama kalinya oleh Ps. Daniel Hendrata. Semua jemaat dan undangan turut masuk ke dalam ruang ibadah yang terlihat sangat rapi. Setelah doa pembukaan, kami mendengarkan beberapa sambutan, di antaranya oleh Ketua Majelis Wilayah GPdI Wilayah Sibolga, Tapanuli Tengah yaitu Pdt. Juni Aro Mendrofa, S.Th. Disambung dengan pujian dan penyembahan yang dinaikkan kepada Tuhan dengan penuh sukacita.

Semua yang hadir sangat bersyukur bersama jemaat GPdI Aek Horsik, melihat apa yang telah Tuhan perbuat kepada gereja ini. Kemudian tiba saatnya untuk penandatanganan batu prasasti, oleh Pdt. Hasan Gea (selaku Gembala Sidang GPdI Aek Horsik) dan Ps. Daniel Hendrata (selaku Ketua Umum Yayasan Anugrah Pressindo), yang menandakan selesainya proses CMO 29 dan penyerahan kembali gedung gereja yang telah selesai dimakeover kepada jemaat setempat. Dilanjutkan dengan penyampaian Firman Tuhan, oleh Ps. Daniel Hendrata tentang Garam dan Terang Dunia, yang diambil dari Matius 5:13-16. Semua yang hadir larut dalam suasana damai mengikuti seluruh jalannya ibadah.

[wppa type=”thumbs” album=”468″]Any comment[/wppa]

Pada gedung gereja, kami meletakkan pondasi beton, mengganti papan dinding yang sudah lapuk dengan yang baru, memasang plafon, memasang keramik pada lantai, mengganti semua pintu dan jendela, juga membangun teras. Selain itu, kami juga mempersembahkan 2 unit MCK (mandi, cuci, kakus) untuk komunitas di sekeliling gereja, agar mereka tidak perlu jalan ke rawa-rawa atau sungai untuk melakukan aktifitas tersebut. Kami juga mengadakan air bersih dengan memasangkan saluran PDAM, sehingga warga di sana tidak perlu lagi mengambil air dari sumber mata air, di mana airnya keruh ketika musim hujan, dan ketika musim kemarau seringkali tidak ada air yang mengalir.

Terima kasih kepada Tuhan yang tetap mempercayai Anugrah Ministries untuk menjadi perpanjangan tanganNya sampai dengan hari ini. Terima kasih kepada partners yang terus memberikan dukungan, sehingga program-program Church MakeOver bisa berjalan dengan lancar selama ini. Kemuliaan bagi Tuhan Yesus Kristus. Amin!

[wppa type=”slideonlyf” album=”467″]Any comment[/wppa]

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − six =