CMO 24: GPdI El Gibbor, Dusun Sinar Abadi, Kalimantan-Barat

Share This Article

Permulaan CMO 24: GPdI El Gibbor, Dusun Sinar Abadi, Kal-Bar, 24 November 2014

Atas waktu yang telah ditentukan Tuhan, maka pada hari Senin, 24 November 2014 telah dilaksanakan pembukaan proyek Church MakeOver (CMO) yang ke-24. Yang terpilih kali ini adalah Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) El-Gibbor, yang beralamat di Dusun Sinar Abadi SP. 6 Pandan, Desa Prembang, Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Gereja ini berdiri sejak era 1980an dan mengalami pergantian gembala sidang beberapa kali hingga akhirnya di tahun 2010, Pdt. Yusuf Manete ditugaskan untuk menjadi Gembala Sidang di sana. Bersama istrinya, Pdp. Tio Renna Sitohang dan anak mereka, Jisrael Yahya Manete (usia setahun), Pdt. Yusuf setia melayani di dusun yang cukup jauh dari keramaian kota. Jemaat total ada sekitar 70 jiwa, baik dewasa, remaja, maupun anak-anak. Mata pencaharian jemaat 90% adalah petani dan masih dari golongan ekonomi lemah. Minimnya dana tidak memampukan mereka untuk merenovasi tempat ibadah.

Acara Pembukaan CMO 24 ini dihadiri oleh seluruh jemaat dan para tetangga yang simpatisan. Turut hadir perwakilan dari Pemerintah Desa yaitu Sekretaris Desa. Acara didahului dengan Ibadah yang dipimpin oleh Alders Daniel Panebaren (Koordinator Lapangan dari Anugrah Ministries). Selesai Ibadah langsung dilaksanakan Pembukaan CMO 24 secara simbolis dengan pemasangan Batu Batako untuk dinding, yang sebelumnya hanya terbuat dari campuran semen yang ditempel di kawat. Proyek CMO 24 adalah Gedung Gereja yang berukuran 6×12 m dan penyelesaian pastori 4×10 m.

Adapun yang akan dikerjakan dalam proyek CMO 24 adalah sebagai berikut :

  1. Gedung Gereja:

– Pemasangan batu batako pada dinding Gereja keliling

   (untuk menggantikan tembok sementara yang terbuat dari campuran semen yang ditempel di kawat)

– Pemasangan keramik pada lantai

– Penggantian plafon (karena banyak bocor, plafon yang lama telah rusak)

– Pembuatan teras

– Pengecatan gedung gereja seluruhnya

  1. Pastori:

– Penyelesaian plaster dinding keliling

– Pemasangan keramik

– Pemasangan plafon

– Pengecatan seluruhnya

– Pemasangan jendela

 

Terima kasih kepada partners dari Anugrah Ministries yang telah memungkinkan proyek ini untuk dilaksanakan. Dengan kemurahan Tuhan, semoga proyek CMO 24 dapat terselesaikan tepat waktu dengan hasil seperti yang diharapkan dan nama Tuhan dipermuliakan. Amin.

[wppa type=”slideonlyf” album=”306″]Any comment[/wppa]

[wppa type=”slideonlyf” album=”307″]Any comment[/wppa]

 

Peresmian Church MakeOver (CMO) 24: GPdI El-Gibbor, Dusun Sinar Abadi, Kalimantan Barat, 5 Mei 2015

Atas penyertaan Tuhan selama kurang lebih 4 bulan berjalannya Proyek Church MakeOver (CMO) 24, maka pada hari Selasa, 5 Mei 2015, Anugrah Ministries meresmikan gedung gereja GPdI El-Gibbor, Dusun Sinar Abadi, Desa Prembang, Kecamatan Sei Tebelian, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Acara peresmian dilaksanakan pada jam 17.00 WIB yang diawali dengan ibadah pujian dan penyembahan. Jemaat sangat antusias memuji dan menyembah Tuhan. Sementara ibadah berlangsung tiba-tiba listrik padam, namun hal itu tidak sekali-kali menyurutkan semangat jemaat dan para undangan dalam memuji Tuhan. Acara dilanjutkan dengan penyerahan gedung gereja yang sudah selesai dimakeover, ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Ketua Yayasan Anugrah Pressindo, Ps. Daniel Hendrata dan Gembala Sidang GPdI El-Gibbor, Pdt. Yusuf Manete, disaksikan oleh seluruh jemaat dan para undangan yang hadir.

Meskipun listrik belum menyala dan hanya mengandalkan lampu sorot kamera video, Ps. Daniel Hendrata tetap antusias menyampaikan Firman Tuhan tentang “Iman.” Sampai hampir selesai ibadah, listrik baru menyala kembali, namun tidak seorang pun dari jemaat yang terpengaruh dengan kondisi tersebut. Mereka menyimak Firman Tuhan dengan antusias dan seksama. Beberapa kali terlihat Gembala Sidang dan istrinya menitikkan air mata haru atas pertolongan Tuhan yang sangat ajaib bagi mereka dan juga jemaat. Karena secara manusia mustahil gedung gereja mereka bisa terbangun dengan baik dan rampung, tapi hari itu mereka melihat apa yang mustahil menjadi kenyataan di depan mereka. Sungguh besar anugrah Tuhan bagi mereka.

Dalam proyek CMO 24 ini kami bukan hanya melakukan makeover pada gedung gereja, tetapi juga pada pastori mereka. Kini, gedung gereja dan pastori sudah dalam keadaan layak untuk dipakai sebagai ruang ibadah dan tempat tinggal. Adapun hal-hal yang kami lakukan dalam proyek CMO 24 adalah sebagai berikut:

Pada Gedung Gereja 6×12 m:

  1. Meletakkan pondasi beton dan memasang dinding keliling dengan batako
  2. Pembuatan teras gereja dengan full keramik 2x3m
  3. Plafon luar dan dalam
  4. Lantai dan mimbar dengan full keramik 40x40cm
  5. Memasang pintu dan jendela gereja
  6. Bangunan gereja full cat

Pada Pastori 6x10m – 2 Kamar Tidur:

  1. Plaster dinding keliling
  2. Memasang keramik 40x40cm pada lantai
  3. Memasang keramik 20x20cm pada kamar mandi
  4. Plafon luar dan dalam
  5. Bangunan pastori full cat

Terima kasih kepada mitra dari Anugrah Ministries yang telah mendukung kelancaran proyek CMO 24 ini. Apa yang telah ditabur pasti akan membawa tuaian yang luar biasa dalam Kerajaan Sorga. Kemuliaan bagi Tuhan Yesus. Amin!

[wppa type=”slideonlyf” album=”352″]Any comment[/wppa]

[wppa type=”slideonlyf” album=”353″]Any comment[/wppa]

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 − four =