CMO 25: GPdI Hosana Amboyo Utara, Kalimantan Barat

Share This Article

Permulaan CMO 25: GPdI Hosana Amboyo Utara, Kalimantan Barat, 25 November 2014

Masih dari Kalimantan Barat. Ini hari yang sangat bersejarah dan berbahagia bagi seluruh warga jemaat GPdI Hosana Amboyo Utara, yang terletak di Dusun Gasing Paal 4 Ilong, Desa Amboyo Utara, Kalimantan Barat, karena gereja mereka terpilih sebagai proyek Church MakeOver (CMO) yang ke 25 dari Anugrah Ministries. Artinya bahwa tidak lama lagi jemaat dari GpdI Hosana yang digembalakan oleh Pdm. Torsina Menda Sinuraya bersama suaminya, akan menempati dan beribadah di gedung gereja yang baru yang lebih layak.

Gereja ini pertama kali dirintis di tahun 2001. Dimulai dengan satu keluarga sebagai jemaat yang setelah didoakan oleh Pdm. Torsina mengalami pertolongan Tuhan. Di tahun 2006, bersama jemaat perlahan Pdm. Torsina mulai membangun tempat ibadah, meskipun mengalami kesulitan karena rata-rata jemaat dari golongan ekonomi rendah. Saat ini, jumlah jemaat keseluruhan ada 36 jiwa. 70% dari mereka bekerja sebagai buruh tani di perkebunan karet dan kelapa sawit.

Hari ini, semua jemaat dan para tetangga menunggu kehadiran Tim Anugrah Ministries dengan antiusias. Dengan sukacita mereka menantikan saatnya Pembukaan CMO 25. Seperti pada pembukaan CMO-CMO sebelumnya, acara dimulai dengan Ibadah singkat yang dipimpin oleh Alders Daniel Panebaren (Koordinator Lapangan, Anugrah Ministries). Selesai Ibadah langsung dilaksanakan acara pembukaaan dengan pemasangan batu batako untuk dinding secara simbolis tanda dimulainya proyek CMO #25 yang berukuran 6×10 m.

Adapun yang akan dikerjakan pada CMO 25 adalah :

– Pemasangan batu batako untuk dinding keliling (dinding sebelumnya terbuat dari

adukan campuran semen yang dilekatkan pada kawat nyamuk/darurat)

– Pemasangan keramik pada lantai

– Pemasangan plafon

– Pembuatan teras

– Pemasangan jendela dan pintu gereja

– Penyelesaian 2 unit MCK (Mandi, Cuci, Kakus)

Terima kasih atas dukungan setia dari partners Anugrah Ministries sehingga kami dapat melaksanakan proyek CMO sampai dengan yang ke 25 ini. Kiranya Tuhan sendiri yang akan memberkati setiap taburan yang sudah diberikan. Tuhan Yesus memberkati!

[wppa type=”slideonlyf” album=”308″]Any comment[/wppa]

[wppa type=”slideonlyf” album=”309″]Any comment[/wppa]

 

Peresmian Church MakeOver (CMO) 25: GPdI Hosana, North Amboyo, Kalimantan Barat, 7 Mei 2015

Tuhan sungguh tidak berhenti menyatakan pertolonganNya. Setelah peresmian CMO 24 di GPdI El-Gibbor Prembang, kembali Anugrah Minitries melaksanakan Peresmian CMO 25 di GPdI Hosana Amboyo Utara. Keduanya berada di Kalimantan Barat.

Peresmian CMO 25 dilaksanakan pada hari Kamis, 07 Mei 2015, pukul 17.00 WIB. Acara peresmian dimulai dengan ibadah terlebih dahulu. Dengan penuh semangat seluruh jemaat dan para undangan mengikuti ibadah, menaikkan pujian dan penyembahan kepada Tuhan atas kebaikanNya. Lalu acara dilanjutkan dengan penyerahan gedung gereja yang sudah di MakeOver oleh Anugrah Ministries (diwakili oleh Ps. Daniel Hendrata) kepada jemaat GPdI Hosana Amboyo Utara (diwakili oleh gembala sidang, Pdm. Torsina Menda Sinuraya). Penyerahan gedung gereja secara simbolis dilakukan dengan menandatangani Batu Prasasti, disaksikan oleh seluruh jemaat dan para undangan.

Seperti sebuah mimpi, akhirnya gedung gereja mereka dapat terselesaikan dengan baik, mengingat keadaan ekonomi jemaat yang sangat lemah. Bahkan Ibu Gembala Sidang harus berjualan air minum kemasan untuk menopang kehidupan keluarganya. Suaminya bekerja di ladang, namun mengandalkan penghasilan suaminya saja tidak cukup untuk kebutuhan mereka dan ketiga anak mereka. Merupakan sukacita yang besar karena pergumulan mereka selama bertahun-tahun untuk mempunyai tempat ibadah yang lebih layak telah Tuhan jawab.

Ps. Daniel Hendrata kemudian menyampaikan pesan kotbah tentang “Iman” yang diambil dari Ibrani 11. Di akhir ibadah, Ps. Daniel memberikan altar call untuk pemulihan keluarga. Suasana tangis haru pun tidak terelakkan. Terutama karena tekanan ekonomi yang ada, kadang keadaan keluarga kurang terperhatikan, baik hubungan suami-istri, maupun orang tua dengan anak. Roh Kudus bekerja secara luar biasa memulihkan keadaan umatNya. Selesai ibadah, acara dilanjutkan dengan makan bersama. Kemudian, Ps. Daniel memberikan pembinaan untuk pekerja-pekerja gereja sampai pukul 22.00 WIB. Puji Tuhan semua berjalan dengan lancar.

Adapun hal-hal yang sudah di MakeOver di GPdI Hosana Amboyo Utara sebagai proyek CMO ke 25 adalah sebagai berikut:

Pada Gedung Gereja 6×10 m:

  1. Bangunan gereja lama dirobohkan dan dibangun baru
  2. Meletakkan pondasi beton dan memasang dinding keliling dengan batako
  3. Pembuatan teras gereja dengan full keramik, seluas 2x3m
  4. Plafon dalam & luar
  5. Lantai dan mimbar dengan full keramik ukuran 40x40cm
  6. Memasang pintu dan jendela gereja
  7. Bangunan gereja baru full cat
  8. Pemasangan tangga naik ke gereja

Selain itu, kami juga membuat Sumur Bor untuk pengadaan air bersih dengan Mesin Pompa Air dan 1 unit MCK (Mandi, Cuci, Kakus) dengan ukuran 2x4m, yang kami persembahkan sebagai kontribusi kami untuk warga setempat.

Terima kasih kepada Tuhan Yesus yang telah mengizinkan proyek ini berlangsung dengan baik. Terima kasih juga kepada mitra Anugrah Ministries yang telah mendukung proyek CMO 25 ini sehingga dapat menjadi berkat, bukan hanya buat jemaat, tetapi juga warga sekitar yang ada di sekeliling mereka. Amin.

[wppa type=”slideonlyf” album=”354″]Any comment[/wppa]

[wppa type=”slideonlyf” album=”355″]Any comment[/wppa]

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − one =