Church MakeOver (CMO) 28: GBI Biouti, Nias

Share This Article

Permulaan Church MakeOver (CMO) 28: GBI Biouti, Nias, 28 Maret 2015

Hari yang sangat cerah seakan bersenyawa dengan sukacita jemaat Tuhan yang ada di GBI Biouti Nias, karena hari itu menjadi sejarah baru bagi mereka. Hari yang tak terlupakan bagi Gembala Sidang dan jemaat yang sudah lama bergumul untuk merenovasi tempat ibadahnya yang hanya terbuat dari bambu agar menjadi gedung lebih layak. Pada tanggal 28 Maret 2015, Anugrah Ministries menetapkan GBI Biouti sebagai proyek Church MakeOver (CMO) nya yang ke 28.

GBI Biouti, terletak cukup jauh dari Kota Gunungsitoli, tepatnya di Desa Biouti, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias, Sumatera Utara, yang digembalakan oleh Pdt. Atieli Lahagu. Bersama sang istri, Etirina Zai dan kelima anak mereka, Pdt. Atieli Lahagu sangat setia menjalankan tugas dalam melayani Tuhan. Di Desa Biouti, 80% penduduknya masih hidup dalam kesederhanaan. Di sana listrik belum masuk dan sukar mendapatkan air bersih. Ketika pertama kali merintis gereja di tahun 2011, jumlah jemaat hanya 1 keluarga. Saat ini jumlah jemaat GBI Biouti telah bertumbuh menjadi 101 jiwa: Dewasa 50 orang, Remaja 21 orang, Anak-anak 30 orang. Sebagian besar jemaat bekerja sebagai Buruh Tani di perkebunan karet dan Petani Ladang. Dengan penghasilan yang rendah, sepertinya sangat tidak mungkin bagi gereja ini untuk mewujudkan impiannya untuk mempunyai gedung ibadah yang baik. Tetapi puji Tuhan, Anugrah Ministries dipercayakan Tuhan untuk menjadi berkat bagi mereka.

Acara Pembukaan dilaksanakan oleh Alders Daniel, Koordinator Lapangan CMO dan dihadiri oleh dua Kepala Desa yaitu Kepala Desa Biouti dan Kepala Desa Sanduta. Hadir pula pimpinan wilayah GBI Kabupaten Nias yang dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Wilayah. Acara diawali dengan ibadah singkat yang diteruskan dengan sambutan Kepala Desa dari dua desa dan Ketua Wilayah dari Sinode GBI di Kabupaten Nias. Kemudian dilaksanakan penandatanganan MOU (Memo of Understanding). Seusainya, acara dilanjutkan di luar ruangan untuk secara simbolis menandai dimulainya Proyek CMO 28 dengan memasang batu bata untuk tembok gereja.

Adapun yang akan dikerjakan oleh Anugrah Ministries dalam proyek CMO ke 28 ini adalah sebagai berikut :

  1. Fisik Gereja ukuran 9×14 m :
  •    Pemasangan batu bata untuk dinding sekeliling
  •    Pemasangan atap dan plafon
  •    Pemasangan keramik pada lantai
  •    Pemasangan jendela dan pintu
  •    Pengecatan, dll
  1. Pembuatan teras gereja berukuran 2×3 m
  2. Membuat sumur untuk menghasilkan air bersih dan 2 unit MCK (Mandi, Cuci, Kakus), sebagai kontribusi kami kepada masyarakat di Desa Biouti
  3. Sedikit merapikan pastori

Puji Tuhan, semoga proyek ini bisa berjalan dengan lancar untuk kemuliaan nama Tuhan. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada partner Anugrah Ministries yang telah mengambil bagian dalam proyek ini. Tuhan memberkati!

[wppa type=”slideonlyf” album=”341″]Any comment[/wppa]

[wppa type=”slideonlyf” album=”342″]Any comment[/wppa]

 

Peresmian CMO 28: GBI Biouti, Nias, 31 July 2016

Minggu, 31 Juli 2016 menjadi memori indah bagi Gembala Sidang dan seluruh jemaat GBI Biouti, Pdt. Atieli Lahagu karena pada hari itu mereka merdeka dari semua pergumulan yang selama ini menjadi beban. Kerinduan untuk memiliki gedung gereja yang layak akhirnya terwujud setelah sekian tahun beribadah di gubuk reot. Tuhan sangat dahsyat! Acara Peresmian CMO 28 di GBI Biouti, Nias dimulai pada pukul 16.00 WIB yang diawali dengan pengalungan bunga sebagai tanda sambutan jemaat kepada Ketua Umum Yayasan Anugrah Pressindo, Ps. Daniel Hendrata yang didampingi oleh sang istri Ps. Debby Catharina, dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan pembukaan pintu gereja. Setelah itu semua undangan yang hadir memasuki ruangan dan mengambil tempat duduk yang sudah disediakan.

Acara di dalam gedung gereja diawali dengan Doa Pembukaan, lalu dilanjutkan dengan kata sambutan, di antaranya oleh Ketua BPD GBI Daerah Nias, Pemerintah Desa dan Perwakilan Undangan. Setelah itu semua yang hadir memuji Tuhan bersama dalam Praise & Worship. Sukacita dan haru bercampur aduk memenuhi hati semua yang hadir pada saat itu. Terlihat beberapa orang, terutama Gembala Sidang menitikkan air mata merenungkan kemurahan Tuhan. Selesai Praise & Worship, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Batu Prasasti CMO 28 oleh Ps. Daniel Hendrata selaku Ketua Umum Yayasan Anugrah Pressindo dan Pdt. Atieli Lahagu selaku Gembala Sidang GBI Biouti. Kemudian Ps. Daniel Hendrata menyampaikan Firman Tuhan yang diambil dari Matius 7:24-27 tentang Membangun Rumah di atas Batu Karang. Semua yang hadir dengan cermat mengikuti Firman Tuhan yang disampaikan.

[wppa type=”slideonlyf” album=”466″]Any comment[/wppa]

Gedung gereja yang dulunya gubuk, telah dimakeover menjadi gedung gereja permanen yang layak. Bangku kayu yang darurat dan sudah lapuk diganti dengan kursi plastik yang memadai. Perubahan yang nyata dapat dilihat di foto-foto yang kami sertakan. Karena listrik belum masuk di daerah ini, maka kami juga mempersembahkan sebuah genset dengan kekuatan 5.000 Watt, supaya kegiatan sehari-hari gereja dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, Anugrah Ministries mempersembahkan 3 unit MCK (Mandi, Cuci, Kakus) kepada masyarakat sekitar, sehingga mereka tidak perlu lagi ke hutan hanya untuk buang air. Kami juga mengebor sumur air bersih supaya warga di sana dapat menikmati air yang bersih (sumur yang lama menghasilkan air berwarna coklat seperti kopi, karena bersebelahan dengan septic tank).

Semua yang Anugrah Ministries lakukan adalah karena Anugrah Tuhan. Segala Kemuliaan bagi Tuhan Yesus kalau GBI Jemaat Biouti di Nias kini dapat menikmati berbagai fasilitas di atas. Bagi mereka ini adalah sebuah keajaiban, dan keajaiban ini tidak mungkin bisa terjadi tanpa dukungan dari para partner dari Anugrah Ministries. Terima kasih buat dukungan yang telah diberikan. Tuhan memberkati setiap taburan yang anda berikan. Doakan kami supaya Anugrah Ministries terus dapat menjadi berkat bagi banyak gereja di seluruh pelosok negeri ini. Haleluya!

[wppa type=”slideonlyf” album=”465″]Any comment[/wppa]

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

1 comment on “Church MakeOver (CMO) 28: GBI Biouti, Nias

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × one =