Church MakeOver 33: Gereja Pantekosta Jemaat Gunung Mulia Rantebua, Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Share This Article

Permulaan Church MakeOver 33: Gereja Pantekosta Jemaat Gunung Mulia Rantebua, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, 29 Oktober 2015

Dari Kupang, Tim Church MakeOver (CMO) Anugrah Ministries melanjutkan perjalanan ke Makassar. Tepatnya di Desa Rantebua, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Gereja Pantekosta Jemaat Gunung Mulia Rantebua adalah destinasi kami selanjutnya untuk melaksanakan permulaan proyek CMO yang ke 33. Kemuliaan bagi Tuhan Yesus!

 

Kamis, 29 Oktober 2015

Pukul 14.00 WITA, acara permulaan CMO 33 dimulai dengan ibadah singkat. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MOU oleh Gereja Pantekosta Jemaat Gunung Mulia Rantebua, diwakili oleh Pdt. Yunus Paretta selaku Gembala Sidang, dan Anugrah Ministries, diwakili oleh Alders Daniel Panebaren selaku Koordinator Lapangan CMO. Selesai penandatanganan MOU, kami melakukan pengecoran lantai secara simbolis sebagai tanda dimulainya Proyek CMO yang ke 33. Semua jemaat mengikuti acara ini dengan sukacita dan bangga kepada Tuhan atas anugrah-Nya bagi mereka semua.

[wppa type=”slideonlyf” album=”410″]Any comment[/wppa]

Gereja ini dirintis di tahun 1985 oleh Alm. Pdt. Sinon Senga dengan jumlah jemaat hanya 3 KK. Pada tahun 1995, mereka mulai membangun gedung gereja darurat dengan dinding bambu. Di tahun 1999, Pdt. Yunus Paretta mendapatkan tongkat estafet untuk meneruskan kepemimpinan. Pada tahun 2000, bersama-sama dengan jemaat, dia mulai membangun gedung gereja yang lebih permanen. Bertahun-tahun mereka merindukan tempat ibadah yang layak, namun kemampuan mereka sangat terbatas, karena kondisi ekonomi jemaat yang sangat minim. Sebagian besar jemaat berprofesi sebagai petani. Hanya beberapa orang saja yang berprofesi sebagai Guru atau Pegawai Negeri Sipil.

Adapun yang akan dikerjakan dalam Proyek CMO 33 ini adalah:

  1. Memasang Plafon
  2. Memasang keramik pada Lantai
  3. Memasang keramik pada Altar Gereja
  4. Memasang Pintu dan Jendela
  5. Membangun Teras sebesar 2×3 m
  6. Membangun 2 unit MCK (Mandi, Cuci, Kakus) untuk warga setempat
  7. Merenovasi Pastori

[wppa type=”slideonlyf” album=”409″]Any comment[/wppa]

Terima kasih kepada partners dari Anugrah Ministries yang telah mendukung kami untuk memulai proyek CMO yang ke 33 ini. Kiranya proyek-proyek yang kami lakukan ini dapat menjembatani perbedaan yang ada antara gereja yang kaya dengan yang miskin, sehingga tercipta keseimbangan di dalam Tubuh Kristus dan nama Tuhan dipermuliakan. Amin!

 

Peresmian Church MakeOver (CMO) 33:

GP Gunung Mulia Rantebua, Toraja, Sulawesi Selatan, 14 Mei 2016

Hanya oleh karena anugrah Tuhan, Anugrah Ministries terus menjadi berkat bagi gereja-gereja di seluruh pelosok Nusantara yang membutuhkan uluran tangan Tuhan melalui Program Church MakeOver. Tak terasa sudah 33 gereja yang diringankan bebannya dalam pembangunan gedung ibadah. Proyek CMO yang ke 33 telah selesai dilakukan di Gereja Pantekosta (GP) Gunung Mulia Rantebua, yang terletak di Desa Rantebua, Kecamatan Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Propinsi Sulawesi Selatan.

Selama kurang lebih tiga tahun menunggu jawaban bantuan dan enam bulan menunggu selesainya proses CMO, maka pada tanggal 14 Mei 2016, gedung gereja GP Gunung Mulia Rantebua diserahkan kembali kepada jemaat melalui Acara Peresmian CMO 33. Acara peresmian diawali dengan proses pemasangan selendang khas Tanah Toraja kepada Ps. Daniel Hendrata sebagai Chairman Anugrah Ministries, oleh Gembala Sidang Pdt. Yunus Paretta, sebagai penghargaan tertinggi kepada orang yang sangat disegani.

Dilanjutkan dengan acara Pengguntingan Pita dan Pembukaan Pintu Utama Gereja oleh Ps. Daniel Hendrata. Ketika Pintu Utama dibuka, Ps. Daniel Hendrata dan seluruh undangan disambut dengan sebuah lagu pujian oleh seluruh jemaat GP Gunung Mulia Rantebua dalam bahasa Toraja “Masannang Tongan, Masannang Tongan, Turu Puang Yesus Masannang Tongan” yang artinya “Sungguh senang, amat senang, ikut Tuhan Yesus sungguh senang.” Pujian ini sangat menggambarkan rasa syukur mereka dapat ikut Tuhan dan rasa terima kasih mereka karena beban mereka dalam terangkat dalam penyelesaian pembangunan tempat ibadah.

Kemudian masuk dalam Pujian dan Penyembahan kepada Tuhan. Semua yang hadir mengalami sukacita yang luar biasa, meskipun dalam kesederhanaan. Setelah puji-pujian, secara simbolis Ps. Daniel Hendrata menyerahkan kembali gedung gereja yang sudah selesai dimakeover oleh Anugrah Ministries kepada jemaat GP Gunung Mulia Rantebua yang diwakili oleh Gembala Sidang, Pdt. Yunus Paretta, dengan Penandatanganan Prasasti disaksikan oleh seluruh jemaat dan para undangan yang hadir. Setelah itu, Ps. Daniel Hendrata mulai menyampaikan Firman Tuhan, yang diambil dalam Kitab Lukas 4:18-19. Semua jemaat dan para undangan dengan cermat mengikuti Firman Tuhan yang disampaikan, dan mereka semua diberkati.

[wppa type=”slideonlyf” album=”442″]Any comment[/wppa]

Adapun bagian-bagian yang di makeover oleh Anugrah Ministries adalah sebagai berikut :

 

Pada Gedung Gereja:

Memasang Keramik pada Lantai

Memasang Plafon dari Kayu

Membuatkan Teras Gereja

Membuatkan Tangga menuju Gereja

Memasang Pintu dan Jendela

 

Pada Pastori:

Merenovasi Plafon

Membuat Tangga

Membuat Tempat Cuci Piring Beton

 

Selain hal-hal di atas, kami juga mempersembahkan 3 unit MCK (Mandi, Cuci, Kakus) bagi masyarakat setempat, supaya kehidupan mereka menjadi lebih layak, karena kebanyakan dari mereka tidak punya kamar mandi di rumahnya. Jika ingin mandi atau mencuci, maka mereka harus pergi ke sungai sejauh 2 km. Jika ingin buang air besar, mereka harus melakukan di hutan. Bahkan di zaman yang sudah modern di abad ke 21 ini, mereka masih tertinggal.
Terima kasih kepada partners Anugrah Ministries yang telah memberikan support kepada kami, sehingga bersama-sama kita dapat melakukan perubahan yang berarti bagi Bangsa Indonesia yang kita cintai ini. Segala puji bagi nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.

[wppa type=”slideonlyf” album=”443″]Any comment[/wppa]

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 6 =