CMO 26: GPT Petra Manganitu, Sulawesi Utara

Share This Article

Permulaan CMO 26: GPT Manganitu, Sulawesi Utara, 24 Feb 2015

Selasa, 24 Februari 2015 adalah hari yang bersejarah bagi keluarga besar jemaat GPT Petra Manganitu, sebab hari itu merupakan hari di mana pergumulan dan kerinduan mereka untuk memiliki gedung gereja yang lebih baik akhirnya dijawab oleh Tuhan. Dengan terpilihnya gereja mereka sebagai proyek Church Make Over (CMO) yang ke 26 dari Anugrah Ministries, ada harapan yang baru bahwa impian mereka dapat menjadi kenyataan. GPT Petra Manganitu digembalakan oleh Pdt. Stevanus Faehuzi Zebua yang setia melayani Tuhan dan pekerjaan-Nya bersama istrinya, Lanny Marlen Manabung dan putri semata wayang, Presy Ester Zebua.

Pdt. Stevanus memulai pelayanannya di tahun 1997 di daerah Sangihe. Perintisan di Manganitu dimulai sejak tahun 2000. Gereja menerima hibah tanah dari salah seorang jemaat, yang juga merupakan mertua dari Pdt. Stevanus. Maka di tahun 2001, bersama jemaat yang sederhana mulai membangun gereja dengan banyak doa dan dan swadaya seadanya. Pelayanan terus berkembang, sehingga jemaat saat ini berjumlah 63 jiwa (47 dewasa, 6 remaja, 10 anak), dengan rata-rata mata pencaharian sebagai petani, buruh bangunan dan pedagang kecil. Karena minimnya dana, sampai dengan perjumpaan dengan Anugrah Ministries, gedung gereja masih belum ada keramik di lantai, plafon, pintu dan jendela. Keadaan pastori juga kurang layak. Itulah yang akan dikerjakan dalam proyek CMO 26 ini.

[wppa type=”slideonlyf” album=”330″]Any comment[/wppa]

Upacara Pembukaan Proyek CMO 26 dimulai pada pukul 10.00 WITA. Semua Jemaat sudah berada di lokasi sejak pukul 08.00 WITA, dengan antusias menunggu kehadiran Tim Anugrah Ministries. Pemerintah Desa juga memberikan respons yang baik, dalam hal ini Kepala Desa tiba di lokasi pada pukul 08.30 WITA. Upacara Pembukaan didahului dengan ibadah singkat yang dipimpin oleh Alders Daniel Panebaren (selaku Koordinator Lapangan CMO dari Anugrah Ministries). Selesai ibadah, proyek CMO 26 ini dimulai secara simbolis dengan memasang keramik pada lantai. Semua yang hadir merasakan sukacita yang luar biasa. Terima kasih kepada para sponsor yang mendukung program ini sehingga dapat dilaksanakan dengan baik. Tuhan memberkati!

 

[wppa type=”slideonlyf” album=”331″]Any comment[/wppa]

 

Peresmian CMO 26: GPT Petra Manganitu, Kep. Sangihe – Sulawesi Utara, 24 Januari 2016

Anugrah Ministries terus berkarya bagi kemuliaan Tuhan melalui program Church Make Over. Dengan Anugrah Tuhan, setelah melewati proses pembangunan selama kurang lebih satu tahun, maka pada hari Minggu, 24 Januari 2016, proyek Church MakeOver yang ke 26 (CMO 26) di GPT Petra Manganitu, yang terletak di ujung Utara Indonesia, tepatnya di Desa Mala, Kecamatan Manganitu, Kabupaten Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara dapat diresmikan. Sore itu cuaca hujan, namun tidak menyurutkan semangat seluruh jemaat dan para undangan untuk datang menghadiri acara peresmian tersebut.

Acara peresmian dimulai pada pukul 17.00 WITA. Kemasan acaranya sederhana, namun meriah, ditata rapi oleh panitia setempat, membuat seluruh yang hadir terlarut dalam sukacita yang tiada taranya. Acara yang penuh syukur ini dimeriahkan oleh penampilan group musik bambu, (musik tradisional Suku Sangihe), group Masamper yang menyajikan perpaduan gaya dan lagu ciri khas Suku Sangihe. Tidak ketinggalan juga anak-anak calon Program Adikku Sayang ikut memberikan pujian kepada Tuhan Yesus. Luar Biasa!

Kehadiran Ibu Bupati dr. Wisje Makagansa-Rompis, M.Si (Istri Bupati Kepulauan Sangihe) yang ikut bersama menyaksikan peresmian CMO 26 ini menambah sukacita jemaat GPT Petra Manganitu. Begitu pula Camat Manganitu, Bapak Dave Rompis, S.Pi turut hadir. Sungguh istimewa! Satu hal lagi yang membuat jemaat mensyukuri kebaikan Tuhan adalah adanya kata sambutan dari Bapak Bupati Kepulauan Sangihe, Drs. H. R. Makagansa, M.Si, yang dibacakan oleh Kepala BP4K Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ir. H. Salindeho. Meskipun beliau secara fisik tidak turut hadir pada saat itu, namun melalui sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kehadiran GPT Petra Manganitu di Kepulauan Sangihe ini adalah melengkapi fungsi dan peran gereja yang semakin strategis dalam menciptakan harmonika dinamika kehidupan. Dengan diresmikannya gedung gereja GPT Petra Manganitu ini sangat diharapkan dapat meningkatkan pelayanan gereja yang optimal sehingga dapat memberikan pencerahan dan motivasi di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara. Jemaat GPT Petra Manganitu melalui Gembala Sidangnya Pdt. Stevanus Faehusi Zebua menyampaikan rasa haru dan syukur yang tak terhingga kepada Tuhan Yesus atas semua ini.

[wppa type=”slideonlyf” album=”414″]Any comment[/wppa]

Gedung gereja yang telah selesai di makeover diserahkan kembali oleh Ketua Umum Yayasan Anugrah Pressindo, Ps. Daniel Hendrata kepada Jemaat GPT Petra Manganitu, diwakili oleh Gembala Sidangnya, Pdt. Stevanus Faehusi Zebua. Ditandai dengan penandatanganan prasasti, maka proyek CMO ke 26 ini diresmikan. Setelah peresmian, acara dilanjutkan dengan ibadah bersama. Puji-pujian dinaikkan dengan penuh sukacita. Hadirat Tuhan sangat terasa. Kemudian dilanjutkan dengan Firman Tuhan yang dibawakan oleh Ps. Daniel Hendrata, dari Matius 16:18, bahwa tidak kebetulan gereja ini diberi nama GPT Petra, sebab Tuhan Yesus membangun gerejaNya, yaitu umat-Nya di atas Batu Karang (Petra) yaitu diri-Nya sendiri, sehingga tidak akan mungkin tergoyahkan jika terjadi badai. Gereja ini diharapkan akan terus berdiri dan kokoh di atas dasar kebenaran Kristus untuk memberitakan kemahsyuran nama-Nya. Dalam kesempatan itu Ps. Daniel Hendrata juga menghimbau kepada para hamba Tuhan yang hadir untuk terus melayani Tuhan dan pekerjaan-Nya sesuai panggilan yang telah diterima dan dikonfirmasikan. Sebab jika melayani Tuhan tidak sesuai panggilan, maka para pelayan Tuhan akan berguguran dan itu yang sekarang sedang terjadi. Di akhir khotbahnya, Ps. Daniel Hendrata menyampaikan pesan bahwa dalam pelayanan, biarlah kita selalu menjadi nomor dua dan Tuhan nomor satu, seperti yang dituangkan dalam buku yang baru diluncurkannya dengan judul “I am Number Two”.

Adapun bagian-bagian yang kami makeover dalam proyek CMO ke 26 ini dapat dilihat dari foto-foto yang terlampir. Kemuliaan bagi Tuhan Yesus, dan terima kasih kepada partner Anugrah Ministries yang telah memastikan kelancaran program CMO kami. Tuhan memberkati!

[wppa type=”slideonlyf” album=”413″]Any comment[/wppa]

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight − three =