Road Show Sumba, Nusa Tenggara Timur, Waikabubak & Waitambula, 25-28 Maret 2016

Share This Article

Pada hari Jumat, 25 Maret 2016, Ps. Daniel Hendrata dan Ps. Debby Catharina beserta dua orang tim creative dari Anugrah Ministries memulai perjalanan untuk serangkaian pelayanan di Sumba. Sebelum subuh, kami sudah tiba di Bandara Soekarno Hatta untuk terbang menuju Denpasar. Transit selama lima jam di Denpasar, lalu meneruskan penerbangan ke Sumba selama satu jam. Kami mendarat di bandara Tambolaka, di Sumba, Nusa Tenggara Timur pada pukul 15.00 WITA.

Tujuan kedatangan kami yang pertama adalah untuk melayani KKR Jumat Agung yang diselenggarakan oleh GBI ROCK Bukit Pujian, Waikabubak pada pukul 18.00 WITA. Antusias jemaat dan warga di sana sangat tinggi untuk menghadiri KKR tersebut hingga membludak dan beberapa harus duduk di luar. Hal itu dikarenakan GoodNews program sangat disukai di sana. Mayoritas dari jemaat yang hadir adalah pemirsa GoodNews program. Malam itu, Ps. Daniel Hendrata membagikan firman Tuhan mengenai betapa besar kasih Yesus bagi kita, sehingga Ia rela mati di kayu salib demi menebus kehidupan kita dari segala kutuk, supaya kita beroleh keselamatan lewat kematianNya. Ps. Debby Catharina juga berkesempatan membawakan kesaksian pujian, menyanyikan lagu yang berjudul “CintaMu Padaku” yang diambil dari album Your Faithfulness yang baru saja dirilisnya. Adapun jemaat yang hadir dalam KKR tersebut berjumlah 428 orang dan lebih dari 40 orang di antaranya menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pada malam itu.

[wppa type=”slideonlyf” album=”429″]Any comment[/wppa]

Keesokan harinya, Sabtu, 26 Maret 2016, Ps. Daniel Hendrata dan Ps. Debby Catharina kembali melayani di GBI ROCK Bukit Pujian dalam sebuah seminar keluarga: Guard Your Family. Ada sekitar 250 peserta yang hadir pada hari itu, sebagian besar pasangan suami istri. Seminar diadakan dari pukul 09.00 WITA sampai pukul 12.30 WITA. Respon dari peserta seminar sangat positif. Yang membuat seminar hari itu lebih spesial adalah hadirnya sepasang suami istri yang merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang kelima yaitu Jeffrey dan Fei Fei. Ps. Daniel Hendrata dan Ps. Debby Catharina secara khusus berdoa bagi mereka berdua. Namun tidak lupa juga mengundang setiap pasangan suami istri untuk didoakan pernikahannya. Sesudah seminar beberapa pasangan yang hadir memberikan kesan-kesan mereka tentang seminar Guard Your Family yang baru saja mereka ikuti.

 

Jeffry Subyanto & Oktaviana Santoso (Jemaat GBI ROCK Bukit Pujian)

“Seminar ini harus sering diadakan di Sumba karena sangat edukatif. Secara pribadi hari ini saya diingatkan mengenai pentingnya komunikasi dalam keluarga dan bagaimana parenting yang sesuai dengan firman Tuhan.”

 

Pdt. Ponco & Istri (Gembala GBI ROCK Waitambula)

“Seminar ini sangat memberkati. Kami berharap agar seminar ini bisa diadakan juga di gereja kami di kota Waitambula. Kami sangat diberkati khususnya di bagian keintiman dan bagaimana mendidik anak-anak dengan baik.”

 

Retno (Pengerja di Gereja Pekabaran Injil)

“Saya diberkati dalam seminar ini, khususnya karena kita sebagai orangtua bertanggung jawab untuk membawa anak-anak dalam pengenalan akan Tuhan. Dalam seminar ini juga terdapat nilai-nilai Kerajaan Sorga sehingga keluarga-keluarga Kristen dapat hidup dalam pengenalan akan Kristus.”

 

Seusai seminar Guard Your Family, Ps. Daniel Hendrata & Ps. Debby Catharina melakukan penandatanganan buku dan CD, bahkan menyempatkan diri berfoto-foto bersama peserta seminar. Setelah makan siang, tim Anugrah melanjutkan perjalanan menuju Pantai Kerewei, yang terletak satu jam di luar kota Waikabubak. Rencananya kami akan melakukan pengambilan gambar untuk opening episode “GoodNews on the Move Sumba.” Namun, setibanya di sana tiba-tiba hujan turun dengan deras, sehingga kami harus mengemas kembali peralatan syuting kami dan terpaksa kembali ke Waikabubak. Inilah perjuangan di belakang layar yang tidak banyak diketahui orang, demi menyuguhkan tayangan yang maksimal dan bermutu bagi pemirsa setia dari GoodNews program. Untungnya hujan segera berhenti, sehingga kami pun dapat mengambil gambar di Bukit Lapale yang sangat asri dan hijau.

[wppa type=”slideonlyf” album=”432″]Any comment[/wppa]

Di hari ketiga, Minggu, 27 Maret 2016 kami kembali melayani di GBI ROCK Bukit Pujian dalam perayaan Paskah, kebangkitan Tuhan Yesus. Ibadah dimulai pukul 08.00 WITA. Ps. Debby Catharina kembali membawakan kesaksian pujian dan lagu yang berjudul “Your Faithfulness.” Kemudian Ps. Daniel Hendrata membagikan firman Tuhan dengan judul “Dia Sudah Bangkit.” Dalam ibadah tersebut, Ps. Daniel mengajak setiap jemaat untuk berbuah dan memberi dampak bagi sekeliling mereka, sehingga dapat membangun Sumba menjadi lebih baik sesuai dengan kehendak Tuhan. Dalam ibadah tersebut juga ada penampilan khusus dari Creative Ministry ROCK Bukit Pujian yang membawakan drama singkat mengenai kesetiaan Tuhan dalam hidup kita. Jumlah kehadiran jemaat pada ibadah tersebut adalah 353 orang. Setelah ibadah, Ps. Daniel Hendrata dan Ps. Debby Catharina menyempatkan diri untuk berfoto bersama jemaat yang juga sebagian besar merupakan para pemirsa setia dari GoodNews Program. Bahkan Ps. Daniel & Ps. Debby juga berdoa bagi anak-anak dari Worship Leader yang melayani hari itu.

Setelah itu kami bergegas menuju RSUD Sumba untuk mengunjungi kelahiran putri ketiga dari Pdt. Hengky Ndolu dan Ibu Vince (salah satu tim penggembala dari GBI ROCK Bukit Pujian). Sungguh sukacita luar biasa karena kelahirannya bertepatan dengan hari kebangkitan Tuhan Yesus. Kami berdoa bersama untuk keluarga mereka dan khususnya untuk bayi perempuan yang mungil tersebut. Kemudian setelah makan siang, tim Anugrah diantarkan menuju Pantai Kita, yang berjarak setengah jam dari Waitambula. Pantai Kita masih sangat bersih, pasirnya halus dan putih. Pemandangan yang sangat indah. Pantainya tergolong sunyi karena belum banyak dikenal oleh pelancong-pelancong domestik maupun mancanegara, namun menggambarkan kedamaian yang luar biasa. Kami sangat diberkati dapat mengambil gambar di pantai ini untuk closing episode “GoodNews on the Move Sumba.”

Sekitar pukul 16.30 WITA kami kembali, kali ini bukan ke Wakaibubak, tapi ke Waitambula. Kami bersiap-siap untuk melayani ibadah Paskah, kebangkitan Tuhan Yesus di GBI ROCK Waitambula yang dimulai pukul 19.00 WITA. Ps. Daniel Hendrata malam itu kembali membawakan firman Tuhan dan berpesan agar Sumba bangkit dan menjadi terang sebab janji Tuhan adalah pasti dan akan segera digenapi. Ps. Debby Catharina juga memberi kesaksian pujian di ibadah malam itu, dengan membawakan lagu “Tuhan Engkau Setia.” Di Waitambula pula Ps. Daniel Hendrata & Ps. Debby Catharina menyempatkan diri untuk memberikan tandatangan serta berfoto bersama dengan pemirsa GoodNews yang ditemui di sana. Sukacita tersendiri untuk dapat bertatap muka langsung dengan pemirsa, yang biasanya hanya dapat kami sapa di layar kaca.

[wppa type=”slideonlyf” album=”431″]Any comment[/wppa]

Pada hari Senin, 28 Maret 2016 tim Anugrah melakukan perjalanan kembali ke Denpasar, dan kemudian dilanjutkan ke Jakarta. Kiranya setiap benih firman yang sudah ditabur tidak akan pernah kembali dengan sia-sia. Kami berdoa kiranya Sumba dibangkitkan oleh Tuhan dengan cara yang lebih ajaib lagi. Segala kemuliaan kami persembahkan kepada Tuhan Yesus Kristus untuk kesempatan yang Tuhan berikan sehingga kami dapat melayani dan menjadi berkat bagi masyarakat di Sumba. Tuhan Yesus memberkati!

[wppa type=”slideonlyf” album=”433″]Any comment[/wppa]

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × four =