Pemulihan Gambar Diri

Ef 2:1 Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu.

Ef 2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,

Ef 2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Ef 2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

 

Sebagai manusia, kita tidak dapat memilih untuk dilahirkan dimana, suku apa dan anak siapa. Tetapi Firman Tuhan berkata bahwa kejadian kita adalah ajaib. Kejadian yang sudah direncanakan dengan matang oleh Tuhan bahkan jauh sebelum dunia ini dijadikan. Bagaimanapun konsepsi kelahiran kita, apakah dalam kondisi dan suasana lingkungan yang holy ataupun tidak holy, tetapi setiap dari kita sebenarnya adalah orang-orang yang diutus oleh Tuhan.

Artinya Tuhan sudah memeberikan suatu RENCANA BESAR bagi setiap kehidupan kita. Tetapi musuh tidak menyukai hal ini. Kita tinggal dalam suatu kondisi dunia yang sudah jatuh dalam dosa dan rusak. Semakin besar rencana Tuhan bagi kehidupan seseorang, maka semakin besar pula upaya musuh untuk menghancurkan hidup orang itu. Kehancuran ini dapat terjadi karena trauma yang terjadi pada masa kecil, tidak adanya figur ayah atau ibu yang baik, pelecehan seksual, fisik bahkan verbal. Hal ini dapat membuat seseorang menjadi rusak gambar dirinya.

Orang yang GAMBAR DIRInya rusak, akan memiliki kecenderungan hidup dalam pemberontakan, pencarian identitas, minta diakui, diterima dan dicinta dan dihargai yang sebenarnya merupakan kebutuhan dasar jiwa manusia. Dunia masa kini dan segala permasalahannya yang sangat rumit ternyata kalau diurut dimulai dari rusaknya gambar diri baik pada seseorang atau masyarakat pada umumnya. Intinya, dunia dan segala tipu dayanya mungkin sudah merusak kita, tetapi Tuhan sudah menyediakan Keselamatan dan jalan keluar buat setiap kita.

Secara jelas, Firman Tuhan berkali-kali mengatakan bahwa Keselamatan yang kita terima adalah karena Kasih Karunia yang artinya sesuatu yang tidak layak kita dapatkan, tetapi karena kemurahan dan cinta kasih Tuhan maka DIA tetap mau mati buat kita. Kalaupun sekiranya ada perbuatan kita yang cukup baik untuk diperhitungkan, namun upah dosa adalah maut dan perbuatan yang kita kira baik, sebenarnya adalah kekejian semata di mata Tuhan.

Berikut adalah hal-hal yang dapat kita lakukan agar pemulihan Gambar Diri dapat terjadi:

  • Kenali Tuhan: baik melalui seseorang yang dapat menjadi SOSOK dan BERBICARA pada kita, atau dalam beberapa kasus bahkan Tuhan sendiri dapat bertemu langsung dengan kita.
  • Bertobat: Berpaling dari hal-hal yang jahat dan hidup sesuai dengan cara dan aturan Tuhan. Think different, tinggalkan kehidupan yang lama, cari hal-hal yang benar untuk dilakukan.
  • Miliki komunitas dan pertemanan yang sehat dan benar. Tujuannya supaya bisa saling menguatkan.
  • Miliki komitment untuk berSAAT TEDUH dengan teratur. Hubungan intim kita dengan Tuhan akan mempengaruhi hubungan kita dengan sesama, baik dalam pernikahan, pekerjaan dan pertemanan.
  • Terbuka dan dapat ditegur baik oleh suami, istri atau seseorang yang lebih dewasa rohani.

Bila Tuhan sudah memulihkan kehidupan Anda, maka ingat ada hal-hal baik yang DIA mau percayakan pada Anda. Apa itu? Yaitu membantu orang-orang lain yang juga seperti Anda dahulu. DIA ingin kita menjadi mitra yang dapat dipakai untuk memulihkan banyak kehidupan. Mungkin masih banyak masalah dan tantangan kehidupan lain yang juga harus Anda hadapi, tetapi jangan takut, karena DIA berjanji akan selamanya bersama dengan Anda. Tuhan Yesus Memberkati!!

 

 

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *