Makanan Sehat

Share This Article

Sebagai mahluk hidup, kita perlu makan, dan idealnya manusia makan 3 kali dalam sehari. Makan bukan sekadar membuat perut kita  yang lapar menjadi kenyang. Tetapi,  salah satunya adalah supaya tubuh kita menjadi sehat, kuat dan bertumbuh. Karena nutrisi yang kita peroleh dalam makanan disalurkan kedalam tubuh kita. Ternyata, tidak semua makanan  layak kita konsumsi, tapi tetap aja kita makan. Alasannya karena  makanan itu enak, dan sayang jika tidak kita makan. Ada juga, yang beralasan, sekali-kali makan makanan itu, tidak menjadi masalah. Kita perlu mengingat, bahwa sebenarnya ada banyak makanan yang terlihat nikmat, memanjakan lidah kita , namun terntyata tidak menguntungkan bagi tubuh jasmani kita. Karena itu, kita harus selektif dalam memilih makanan.  Karena kita sadari atau tidak, ada makanan sepertinya hari ini kita kecap  kenikmatannya,  bisa membawa derita di kemudian hari.

Sahabat. Sama seperti makanan jasmani, makanan rohani juga sangat diperlukan oleh tubuh rohani  kita. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, akan membuat tubuh kita menerima asupan gizi yang baik dan membuat kerohanian kita jadi sehat dan kuat. Selain itu  akan membuat kita tidak gampang sakit serta bertumbuh lebih lagi di dalam Tuhan. Ya, penting sekali untuk kita ingat dan sadari, memerhatikan apa yang kita makan. Sebab itu kita juga perlu berhati-hati dengan makanan yang kita santap. Karena tidak semua yang ada dihadapan kita, bagus buat kesehatan rohani kita. kita harus lebih cerdas memilih  juga memutuskan apa yang kita konsumsi. Kita lebih terbiasa mendengar lalu memperkataan kata-kata yang positif atau negative? Kta lebih menyukai bergosip atau kata-kata berkat? Kita lebih sering mendengar keluh kesah atau ucapan syukur? Selain itu, apakah yang kita lihat, berguna atau tidak? Sehat atau melemahkan, memberkati atau menggerogoti iman kita? Semua itu harus kita sadari, sebelum kita menikmatinya, karena itu sangat berpengaruh di hari ini, juga di masa depan kita.

Sahabat. Apa yang menurut kita enak, dan menyenangkan tak selamanya bermanfaat dan memberkati kehidupan kita. Lihat lagi, apa menu makanan rohani kita hari ini. Apakah itu  berguna bagi kita atau tidak? Apakah yang kita dengar dan lihat adalah sesuatu yang bermanfaat dan memberkati kita. atau sebaliknya itu bisa meracuni tubuh rohani kita. Sehingga bukan hanya menghambat pertumbuhan rohani kita, tapi dapat membuat kita sakit. Jika kita mengalami sakit dalam kerohanian kita, itu akan menular kepada yang lain, dan hidup kita tak akan menjadi berkat. Pilihan, keputusan dan tindakan ada di tangan kita. Minta kepekaan lebih lagi pda Tuhan, agar kita lebih mengerti  mana yang berguna dan tidak bagi kita. (JL)

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 1 =