Kenali Potensi Anda

Share This Article

Pada prinsipnya, Tuhan menciptakan manusia seturut dengan gambarNya, lengkap dengan talenta yang berbeda pada masing-masing orang. Namun, sayangnya talenta atau potensi diri tersebut, seringkali tidak disadari. Sehingga pada akhirnya mereka mengklaim dirinya sendiri, bahwa tidak memiliki kemampuan apapun. Padahal seperti yang kita ketahui sendiri, ketika Tuhan membentuk manusia, Dia tidak lupa menyelipkan kepada manusia, ciptaannya tersebut dengan talenta atau kelebihan yang luar biasa. Lalu bagaimanakah caranya, supaya kita memahami bahwa kita memiliki potensi yang perlu dikembangkan tentunya.

Pengertian potensi diri adalah kemampuan yang dimiliki setiap orang, yang kemungkinan bisa dikembangkan dalam berprestasi. Biasanya potensi yang dimiliki oleh setiap manusia berbeda dengan lainnya. Ini untuk membedakan antar individu. Dapat mengembangkan potensi, adalah dambaan setiap orang. Namun apakah sulit mengembangkan potensi itu sendiri? Jawabannya, tidaklah sulit, asal kita mau belajar.

Mengenali potensi diri, tidak serta merta seperti membalikan telapak tangan. Yang pertama harus kita lakukan adalah melalui pegenalan dan pengukuran potensi diri, kemudian menentukan konsep diri.  Pengukuran potensi diri, yang dimaksud untuk mengetahui sejauh manakah potensi-potensi yang dimiliki oleh seorang individu, tentunya pengukuran potensi diri ini bisa melalui introspeksi, penilaian orang lain terhadap diri kita, atau juga melalui tes kepribadian.

Setelah melakukan pengukuran potensi diri, selanjutnya menentukan konsep diri. Pengertian dari konsep diri, persepsi seseorang mengenai dirinya sendiri. Persepsi ini terbentuk melalui kesimpulan-kesimpulan yang diambil berdasarkan pengalaman pengalaman. Yang berarti jikalau seseorang konsep dirinya positif, maka yang terjadi dia akan mengembangkan kepercayaan dirinya, begitu juga sebaliknya, jika konsep dirinya negative, maka yang terjadi dia akan tumbuh menjadi pribadi yang gampang menyerah, dan tidak mempunyai kepercayaan diri.

Nah saat ini, apakah anda sudah mengembangkan potensi diri? kalau anda belum mengembangkan diri ataupun menemukan talenta anda, cobalah untuk bertanya kepada Tuhan. Karena pada dasarnya ketika Tuhan menciptakan manusia, Ia tidak lupa menyelipkan talenta atau potensi pada manusia itu sendiri. Jadi cobalah periksa kelebihan anda itu.

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − 12 =