Reaksi di Dalam Menghadapi Masalah

Share This Article

Ayat Bacaan: Kejadian 16:1-16

 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Filipi 4:13

 

Kehidupan ini tidak pernah terlepas dari yang namanya persoalan. Bahkan selama kita ada di dunia, masalah akan selalu ada, baik masalah besar maupun kecil. Namun yang terpenting bukan terletak pada besarnya masalah yang terjadi, tetapi bagaimanakah sikap kita terhadap persoalan yang ada.

Sikap yang benar yaitu jangan mudah menyerah dengan masalah, sebab setiap masalah yang terjadi tidak akan pernah melebihi batas kekuatan kita. Jadi kita tidak boleh mudah pesimis atau menyerah dengan persoalan yang terjadi. Di dalam menghadapi persoalan apapun, kita harus tetap tegar dan kuat sehingga kita akan memperoleh kemenangan. Di sisi lain, ingatlah bahwa segala perkara dapat kita tanggung di dalam Dia yang memberikan kekuatan. Kita juga harus selalu ingat bahwa Tuhan tidak menentukan kita untuk gagal, sebaliknya Tuhan menjadikan kita orang yang menang.

Selain itu kita perlu berdoa, doa adalah kunci utama dari segalanya. Dengan berdoa kita akan mendapat tuntunan serta hikmat Tuhan di dalam menyelesaikan persoalan yang terjadi. Saat kita bergumul dalam persoalan, jangan berhenti berdoa sampai kuasaNya dinyatakan atas kita.

Yang berikutnya kita harus melibatkan Tuhan di dalam setiap pergumulan yang kita alami, artinya dalam setiap persoalan kita harus selalu mengandalkan Tuhan, sebab Dialah yang berkuasa yang mampu melakukan segala perkara. Di dalam menyelesaikan masalah, janganlah kita memakai kekuatan diri sendiri, sebab kekuatan kita terbatas namun kekuatan Tuhan tidak terbatas. Pada waktu kita mengandalkan Tuhan, maka Ia akan memberikan kemenangan bagi kita. Jadi tetaplah mengandalkan Tuhan senantiasa.

Saat menghadapi masalah apapun, kita harus tetap dapat bersukacita sebab sukacita Tuhan adalah kekuatan kita. Jangan hanya meratapi masalah yang ada. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersukacita karena Tuhan selalu memberikan hal yang terbaik bagi kita, dan kasih setiaNya kekal atas kita. Biarlah kita juga selalu dapat memuji Tuhan; ada kuasa saat kita menaikkan pujian kepada Tuhan.

Serahkan setiap persoalan, pergumulan serta beban kita kepada Tuhan. Berserah secara total supaya kita tidak dikuasai oleh masalah, tetapi biarlah kita yang menguasai masalah supaya diri kita tidak terpuruk di dalam masalah tersebut. Yakinlah bahwa persoalan yang terjadi ada akhirnya, dan semua pasti akan indah pada waktunya. Seburuk apapun persoalan kita tetaplah percaya bahwa pertolongan kita pasti akan datang tepat pada waktunya.

 

Bersama Tuhan, kita pasti akan mampu menghadapi setiap persoalan. Amin.

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + 15 =