Ketika Masalah Datang

Share This Article

Ayat Bacaan: Mazmur 130:1-8

Aku menanti-nantikan TUHAN, jiwaku menanti-nanti, dan aku mengharapkan firmanNya
Mazmur 130:5

Yang namanya persoalan itu datangnya tanpa diundang dan dapat secara tiba-tiba dalam kehidupan kita. Siapa saja dari antara kita pasti pernah mengalami masalah. Namun saat menghadapi masalah, yang terutama adalah bagaimana reaksi atau sikap kita. Karena sikap kita dapat berpengaruh pada persoalan yang terjadi. Ketika kita bersikap negatif, hal ini dapat membuat kita semakin terpuruk pada masalah yang ada. Sebab itu berikanlah sikap atau respon yang benar, yaitu jangan takut atau panik.

Seperti dalam Firman Tuhan dikisahkan, saat kapal yang ditumpangi oleh murid-murid Tuhan Yesus terkena angin ribut, mereka langsung takut sampai mereka tidak melihat Tuhan yang berjalan di atas air. Begitu pula seringkali dalam hidup ini saat kita mengalami masalah mungkin dalam keuangan keluarga, janganlah panik! Tetaplah percaya bahwa Tuhan sanggup menolong dan memberikan jalan keluar yang terbaik. Selain itu, kepanikan membuat iman kita menjadi goyah, atau menyebabkan kepercayaan kita pada Tuhan menjadi bimbang. Sehingga dapat menghalangi kita untuk melihat mujizat Tuhan.

Karena itu tetaplah tenang, sebab dalam ketenangan terletak kekuatan kita (Yesaya 30:15.) Dalam ketenangan, kita dapat menaikkan doa pada Tuhan… Kemudian naikkanlah ucapan syukur kepada Tuhan, jangan menggerutu! Ingatlah bahwa dalam tiap keadaan Tuhan tetap baik. Dalam segala sesuatu Tuhan selalu turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan (Roma 8:28). Belajarlah bersyukur, tidak hanya dalam keadaan yang baik saja. Walau saat menghadapi masalah memang tidak mudah untuk mengucap syukur, tetapi kita harus belajar bersyukur.

Yang berikutnya, tetaplah percaya dan nantikanlah pertolongan Tuhan. Menanti memang merupakan sesuatu hal yang membuat kita jenuh, tetapi yakinlah bahwa penantian dalam Tuhan itu tidak akan pernah sia-sia. Pada waktuNya, Tuhan pasti menolong kita. Yakinlah jika di masa lalu Tuhan sudah menolong dan menyatakan kuasaNya bagi kita, saat ini juga Tuhan pasti menolong kita. Tuhan tidak pernah mengecewakan orang yang berharap padaNya, tiap janjiNya pasti digenapi. Hidup memang tidak pernah lepas dari masalah, namun Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Ia adalah kekuatan hidup kita. (J)

Jangan mudah menyerah! Bersama Tuhan, kita pasti sanggup melaluinya dan Tuhan pasti memberikan kemenangan bagi kita.

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + seventeen =