Menyertakan Tuhan

Share This Article

Ayat Bacaan: Kejadian 19:1-38

Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan TUHANlah yang terlaksana.

Amsal 19:21

 

Pada waktu Tuhan menciptakan manusia, Tuhan memberikan akal budi yang istimewa dan juga kehendak bebas. Manusia diberi kebebasan untuk memilih. Pada akhirnya, seringkali kita mengerjakan sesuatu sendiri, membuat perencanaan sendiri, bahkan mengandalkan diri sendiri.

Manusia sering merasa mampu dengan pengetahuan yang dimilikinya untuk mengerjakan dan membuat rencana ini itu, merasa yakin bahwa apa yang direncanakannya sudah sempurna dan pasti berhasil. Amsal 19:21 mengatakan, “Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan TUHANlah yang terlaksana.” Artinya, sebagus apapun perencanaan kita, semua keputusan ada pada Tuhan, dan setiap kita tidak dapat melawan kehendak Tuhan. Oleh karena itu, di dalam apapun yang akan kita lakukan, seperti misalnya menetapkan pasangan hidup atau pekerjaan, biarlah kita selalu melibatkan Tuhan. Ingatlah bahwa Tuhan itu Maha Tahu, Dia tahu yang terbaik bagi kita sehingga kita patut untuk mengandalkanNya.

Salah satu contoh sederhana bahwa kita melibatkan Tuhan adalah pada saat kita berdoa. Berdoa merupakan salah satu bukti bahwa kita mengandalkan serta melibatkan Tuhan di dalam hidup kita. Walaupun nampaknya sederhana, namun berdoa memiliki dampak yang besar. Dengan berdoa, kita mendapatkan tuntunan Tuhan yang akan membawa kita kepada keberhasilan. Jadi pada saat kita bangun pagi, biarlah kita mengambil waktu untuk berdoa kepada Tuhan.

Ketika kita melibatkan Tuhan, maka Dia akan memberkati kita. Yeremia 17:7 mengatakan berbahagialah mereka yang mengandalkan Tuhan sebab tiada pernah dikecewakan mereka yang mengandalkan serta berharap pada Tuhan. Jadi ketika kita ingin mengalami keberhasilan, libatkanlah Tuhan di dalam setiap perencanaan kita. Tuhan akan menghargai pada saat kita menyertakan Dia di dalam hidup kita.

Menyertakan Tuhan di dalam kehidupan akan membuat kita lebih percaya diri dan tidak takut di dalam menghadapi apapun. Di hadapan kita memang ada banyak hal yang tidak kita ketahui namun kita harus percaya bahwa saat Tuhan ada di pihak kita maka tidak ada satupun yang dapat melawan. Penyertaan Tuhan itu sempurna atas kita, jadi kita harus memiliki keberanian untuk melangkah maju. Percayalah bahwa saat Tuhan menyertai, Dia akan memberikan kemenangan. Mulai hari ini, mari kita melangkah dengan selalu menyertakan Tuhan, dan jangan pernah mengandalkan kekuatan sendiri.

 

Jadikanlah Tuhan sebagai Raja atas kehidupan kita

dan yang berdaulat penuh atas diri kita. Amin.

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − seventeen =