Kecantikan Sejati

kecantikan sejati
Share This Article

Ayat Bacaan: Yosua 7:1-26 

Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut,

memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah- indah

1 Petrus 3:3

Setiap orang berusaha untuk memiliki penampilan fisik yang menarik sehingga banyak orang menggunakan banyak cara untuk mendapatkan wajah yang cantik atau tampan. Memanglah wajar jika penampilan kita terlihat bagus dalam pandangan orang lain. Tetapi sebenarnya yang terpenting yaitu bagaimana kita memiliki kecantikan yang dari dalam. Memang manusia menilai apa yang di depan mata, namun Tuhan melihat hati. Dalam Firman Tuhan dikisahkan pada saat Samuel memilih raja Israel dia hanya melihat berdasarkan apa yang nampak saja padahal Tuhan melihat sampai ke dalam hati, dan Tuhan berkenan atas Daud  sehingga akhirnya dialah yang terpilih menjadi raja Israel. Tuhan lebih berkenan atas karakter kita daripada penampilan luar saja. Tuhan lebih memperhatikan karakter kita. Sekalipun penampilan kita elok, tetapi jika hati kita penuh dengan kejahatan atau iri dengki, maka Tuhan tidak berkenan.

Kecantikan sejati diperoleh pada saat kita dapat menjaga perkataan kita, sebab lidah walaupun kecil, sangatlah berpengaruh. Oleh sebab itu kita perlu menjaga ucapan kita dari segala perkataan yang negative. Gunakanlah perkataan kita untuk memuji Tuhan dan menguatkan orang lain, sehingga memberikan kedamaian dan meningkatkan kecantikan batiniah kita. Selain itu, kita juga perlu menjaga hati kita. Amsal 4:23 mengatakan kita harus menjaga hati dengan segala kewaspadaan, dengan menjauhkan hati kita dari segala hal yang tidak berkenan di hadapan Tuhan. Hati yang bersih merupakan salah satu kunci kecantikan. Setiap hari kita harus senantiasa menjaga hati kita agar tetap berkenan di hadapan Tuhan. Kecantikan yang dari dalam dapat kita peroleh dari perbuatan serta sikap baik yang kita lakukan, di antaranya suka menolong, memiliki perhatian terhadap sesame, serta sikap rendah hati. Ketika kita memiliki perbuatan yang baik, maka kita akan memiliki inner beauty (kecantikan dari dalam) yang akan terpancar ke luar. Selain itu, kedekatan dengan Tuhan setiap hari dapat membuat kita memiliki kecantikan yang sebenarnya, sebab kita akan mempunyai karakter Tuhan. Dekat dengan Tuhan membuat kita tenang sekalipun di tengah masalah, sehingga kita akan memiliki penampilan yang baik.

Begitu pula kejarlah ibadah dan kesetiaan kepada Tuhan lebih lagi agar kita menjadi indah di dalam pandangan Tuhan. Ingatlah bahwa kecantikan jasmani itu sifatnya terbatas, namun kecantikan batiniah itu abadi sepanjang umur kita. Mari mulai hari ini kita lebih memperhatikan kecantikan yang dari dalam yang dapat memancar ke luar, dibandingkan dengan kecantikan jasmani. Amin.

 

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × five =