Church Make Over 5 – GBI Cengklong

Share This Article

Gereja ke lima yang kami renovasi adalah GBI Cengklong, terletak di kampung Geledek, Cengklong – Tangerang di Jawa Barat. Bersama dengan isterinya, Pdt. Yakob Linus Oei menanam gereja ini dua puluh satu tahun yang lalu. Kebanyakan anggota jemaat adalah golongan orang Tionghoa yang kurang mampu atau yang dikenal dengan sebutan Cina Benteng.

Pada awalnya, daerah ini dikenal sebagai tempat pertanian dan bahkan belum terjangkau oleh listrik. Oleh sebab itu daerah ini sangat gelap dan dikenal dangat rawan. Banyak korban pembunuhan dibuang disini. Masyarakat banyak bekerja sebagai peternak ayam dan babi dalam skala kecil. Akan tetapi dengan adanya perubahan jaman, sekarang banyak dibangun pabrik dan gudang, sehingga banyak terjadi perpindahan dari petani menjadi buruh pabrik.

Pada awal peninjauan, kami dapati bahwa bangunan gereja dalam kondisi yang mengenaskan. Kelihatan baik di luar, tetapi lapuk di dalamnya. Fondasi tidak dibangun dengan benar, bukan di atas batu tetapi hanya menggunakan bata saja. Akibatnya setelah bertahun-tahun, timbul retakan-retakan di tembok. Struktur atap dan kuda-kuda juga banyak yang rusak akibat dari kelembapan dan rayap. Pada waktu musim hujan, terjadi kebocoran dimana-mana sehingga plafon ulang-berulang. Selain itu, pastori dalam kondisi yang sangat mengenaskan. Sebuah bangunan yang yang sangat kecil di lantai dua, dan temboknya terbuat dari plywood. Mebel dalam kondisi tua dan rusak parah.

Hari ini adalah hari penyerahan. Banyak anggota jemaat dating untuk menyaksikan hari yang bersejarah ini. Kita dapat menyaksikan betapa indahnya pada waktu Tuhan Yesus Kristus memberkati hambaNya yang setia. Pada atap, kami mengganti beberapa balok kayu dan kuda-kuda. Tembok yang retak kami tambal dengan semen, semua tembok di cat ulang, mengganti lampu-lampu yang rudak, memasang keramik pada bagian dapur, membetulkan kamar mandi, merenovasi pastori sehingga Pdt. Yakob dan istrinya akan dapat melayani Tuhan dan jemaat dalam kondisi ang lebih baik.

Program Church Make Over ini didanai sepenuhnya oleh para partner dari Anugrah Ministries. Kami ucapkan terima kasih atas kontribusi yang Anda berikan Bersama dengan Anda, Anugrah Ministries akan mampu menjangkau dan memberkati hamba-hamba Tuhan seperti Pdt. Yakob dan gerejanya. Hubungi kami sekarang juga dan beritahukan bagaimana Anda ingin menjadi perpanjangan tangan Tuhan yang dapat membantu dan merubah dunia.

“Orang-orang yang menabur denagn mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai.” Mazmur 126:5

[wppa type=”slideonlyf” album=”6″][/wppa]

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × five =