Field Trip Adikku Sayang di Candi Borobudur, 29 Agustus 2015

Share This Article

Pagi yang sejuk dan masih diselimuti gelap karena memang jarum jam baru menunjukkan pukul 04.00 WIB, Tim Anugrah Ministries yang sudah berada di Solo sehari sebelumnya, segera bersiap-siap untuk melaksanakan acara Field Trip Adikku Sayang 2015 untuk Distrik Jawa Tengah yang terdiri dari dua center, yaitu ALC Sangkrah dan ALC Sumpiuh. Adapun Field Trip dilaksanakan di Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang – Jawa Tengah. Kedua center akan berkumpul di lokasi pada pukul 08.00 WIB.

Pukul 05.00 WIB, dengan menumpang mobil sewaan, dari penginapan Tim Anugrah Ministries meluncur ke lokasi ALC Sangkrah untuk menjemput peserta Field Trip yang terdiri dari 5 orang anak dan 3 orang pembina. Pada pukul 06.00 WIB, kami pun bersama-sama menuju lokasi wisata Candi Borobudur. Lamanya perjalanan diperkirakan memakan waktu 2 jam. Di jalur yang lain, yaitu dari arah Banyumas, rombongan ALC Sumpiuh juga sedang menuju ke lokasi wisata Candi Borobudur. Rombongan ALC Sumpiuh yang terdiri dari 8 orang anak dan 2 orang pembina, berangkat meninggalkan Sumpiuh pada pukul 04.00 WIB.

Sepanjang perjalanan, anak-anak dari ALC Sangkrah ada yang ceria menikmati, namun ada juga yang tidak bisa menikmati karena mabuk perjalanan. Ada juga yang sampai muntah, karena memang belum pernah bepergian jauh dengan mobil ber-AC. Terpaksa semua yang ada di mobil harus memahaminya dengan tidak menghidupkan AC sampai tiba di tujuan. Berbeda dengan anak-anak ALC Sumpiuh, mereka sudah tidak asing dengan perjalanan jauh meskipun tidak ada di antara mereka yang pernah pergi ke Taman Wisata Candi Borobudur.
Rombongan ALC Sumpiuh tiba terlebih dahulu di lokasi pada pukul 08.00 WIB. Sedangkan rombongan ALC Sangkrah tiba sejam setelahnya. Kami beristirahat sejenak melepas letih yang disebabkan oleh perjalanan jauh. Lalu semua peserta mulai masuk ke lokasi Taman Wisata Candi Borobudur. Candi Borobudur adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia, peninggalan bersejarah yang patut dibanggakan oleh anak bangsa. Kami berbahagia dapat melihat dari dekat Candi Borobudur. Dipandu oleh seorang pemandu wisata, kami berjalan menuju Candi Borobudur. Semua peserta dengan cermat mengikuti penjelasan dari pemandu wisata seputar Candi Borobudur, mulai dari sejarah pembangunan, lamanya pembangunan, pada masa kerajaan siapa candi didirikan, sampai penemu candi pertama dan lain-lain. Pendeknya, banyak hal menarik tentang sejarah bangsa Indonesia yang anak-anak dapatkan melalui Field Trip ini.

Sebelum menaiki anak tangga demi anak tangga di area candi, peserta diberi kesempatan oleh pemandu untuk berfoto-ria dengan latar belakang candi, baik sendiri maupun dengan rombongan. Setelah semua selesai berfoto, rombongan kembali dipandu oleh pemandu wisata untuk berjalan mendaki ke puncak candi. Candi Borobudur terdiri dari tiga tingkat. Kami berhenti pada setiap tingkat dan mendengarkan penjelasan tentang sejarah maupun filosofi setiap tingkatan candi.

Setelah mengelilingi Candi Borobudur selama kurang lebih 3 jam, saatnya rombongan kami harus keluar dari lokasi candi melalui pintu Timur. Di depan pintu keluar sudah berjejer para pedagang souvenir. Peserta Field Trip pun tidak ketinggalan berbelanja semampunya, membeli cindera mata, sebagai kenang-kenangan bahwa sudah pernah menginjakkan kaki di tempat bersejarah yang diakui oleh dunia. Selesai berbelanja souvenir, peserta harus keluar ke parkiran mobil umum melalui Museum Bersejarah. Di sana terdapat berbagai batu pahatan yang asli sejak masa kerajaan Majapahit dan umurnya sudah ribuan tahun. Peserta masih sempat menyimak beberapa informasi yang ada di Museum tersebut. Tak terasa, akhirnya kami tiba di pintu keluar. Waktu sudah menunjukkan pukul 12.30 WIB, maka kami pun melanjutkan acara dengan makan siang bersama di sebuah restoran siap saji yang tidak jauh dari lokasi wisata. Para peserta semuanya, khususnya anak-anak Adikku Sayang, menyambut makan siang dengan sukacita karena sudah lapar.

Selepas makan siang, Tim Anugrah Ministries melakukan pembagian tas (sebagai hadiah buat setiap anak Adikku Sayang atas keberhasilan mereka memasuki Tahun Ajaran Baru). Dilanjutkan dengan sesi motivasi singkat. Pukul 14.30 WIB, semua peserta meninggalkan lokasi Taman Wisata Candi Borobudur dan pulang ke tempat masing-masing. Sungguh perjalanan yang sangat berkesan bagi semua peserta. Terima kasih atas setiap dukungan yang diberikan oleh para sponsor Adikku Sayang. Tuhan memberkati!

[wppa type=”slideonlyf” album=”387″]Any comment[/wppa]

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen + six =