Menjaga Hati

Share This Article

Ayat Bacaan: Keluaran 40:1-38

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Amsal 4:23

Hati adalah pusat dari setiap hal yang kita rasakan, karena dari hati kita bisa merasakan suka dan duka, kekecewaan, kebimbangan bahkan juga dapat merasakan rasa sakit. Dalam sehari-hari adakalanya kita  menerima perkataan dari orang lain yang menyakitkan atau bahkan sampai melukai hati kita, dan ketika hal ini tidak segera dibereskan pada akhirnya akan menimbulkan kepahitan di dalam hati kita. Oleh karena itu sangat perlu untuk selalu  menjaga hati terutama dari segala perkataan negatif yang masuk ke dalam hati, supaya hati kita tetap dikuasai oleh cinta kasih Tuhan.

Agar hati kita terjaga, setidaknya kita harus cepat membereskan dan tidak selalu mengingat perkataan buruk yang dikatakan orang lain, kepada kita, serta memberikan pengampunan kepada mereka yang mengucapkan perkataan buruk. Apapun yang orang lain perkatakan jangan pernah menyimpan di dalam hati sebab hidup kita hanyalah di tentukan oleh perkataan Yesus saja.

Cara menjaga hati juga dapat dilakukan dengan selalu memiliki hati yang bersyukur kepada Tuhan. Sebab dengan bersyukur pada Tuhan membuat hati kita tetap terjaga. Ingatlah bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik sehingga kita harus tetap selalu bersyukur.  Selain itu kita juga perlu menjaga hati dengan  memuji Tuhan, saat kita menaikkan pujian maka hati kita akan dipenuhi oleh cinta kasihNya. Di saat hati mulai merasa gelisah marilah kita memujiNya.

Firman Tuhan merupakan salah satu cara supaya hati  tetap dikuatkan dari setiap kebimbangan. Karena di dalam Firman ada janji Tuhan yang dapat menguatkan iman kita. Jadi kita perlu untuk merenungkan firmanNya agar hati kita dapat tetap kuat serta teguh di dalam Tuhan. Hanya kasih Tuhan saja yang mampu membalut luka hati oleh karena itu mintalah supaya kasihNya senantiasa memperbaharui.

Tuhan rindu supaya kita boleh memiliki hati yang bersih serta  murni di hadapannya. Jadi jangan pernah mengizinkan hati kita dikuasai oleh hal-hal yang negative. Jangan biarkan dosa menguasai hati kita, buanglah segala kebencian dan dendam, sebaliknya isilah hati dengan kasih Tuhan. Pada saat kita bisa menjaga hati maka hidup kita akan dipenuhi oleh kedamaian, dan sukacita. Setiap hari izinkan Tuhan supaya dapat menjaga hati kita tetap murni dan selalu dipenuhi oleh sukacitaNya.


Jagalah Hatimu dengan Selalu Mengucap Syukur 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − eighteen =