Berdoa Sesuai Kehendak Tuhan

Share This Article

Ayat Bacaan: Kejadian 17:1-26

Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.

1 Yohanes 5:14

Berdoa merupakan sesuatu yang nampaknya sederhana bagi setiap kita. Setiap hari pun kita sudah melakukannya. Pada saat berdoa tentunya kita rindu Tuhan menjawab doa kita. Tetapi yang terpenting pada waktu berdoa, kita harus dapat berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan dan bukan hanya sesuai dengan keinginan kita sendiri. Seperti salah satu isi doa Bapa kami: Jadilah kehendakMu di bumi seperti di Surga, artinya biarlah hanya kehendakNya yang boleh terjadi atas kita.

Kecenderungan setiap kita tentunya ingin berdoa sesuai dengan keinginan kita sendiri, sebab memang bukan sesuatu yang mudah untuk kita berdoa dan menyerahkan segala sesuatu sepenuhnya kepada Tuhan, sebab setiap kita juga memiliki keinginan. Keinginan manusia memang tidak sama dengan kehendak Tuhan, tetapi kita harus belajar menuruti kehendak  Tuhan. Renungkanlah bahwa hanya kehendak Tuhan yang terbaik buat kita. Apa yang mungkin menurut kita baik belum tentu akan diberikan oleh Tuhan bagi kita, karena Tuhan ingin memberikan yang lebih baik bahkan yang terbaik buat kita. Pada saat kita menuruti kehendakNya, maka Tuhan akan memampukan kita untuk berjalan sesuai dengan kehendakNya.

Ketika di taman Getsemani, Yesus berdoa supaya hanya kehendak BapaNya yang boleh jadi. Walaupun hal ini sangat sulit dilalui, Yesus berserah penuh terhadap kehendak BapaNya, dan Yesus dapat menjalani semuanya.

Berdoa sesuai dengan kehendakNya artinya kita juga perlu menjaga hati, terutama saat berdoa, jangan sampai kita berdoa namun di dalam hati masih ada rasa iri ataupun dosa yang lain. Yesaya 59:2 mengatakan bahwa penghalang antara kita dengan Tuhan ialah dosa kita. Jadi kita perlu memiliki hati yang murni. Jangan sampai kita memaksa Tuhan untuk menuruti kemauan kita, biarlah hanya Dia yang berdaulat penuh atas kita.

Ketika kita dapat berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan artinya kita menyenangkan hatiNya dan hidup sesuai dengan rencanaNya, sehingga rencanaNya boleh digenapi atas kita.

Untuk mengetahui kehendak Tuhan, kita harus memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan supaya kita dapat mengetahui kehendakNya, bahkan supaya Tuhan memberikan tuntunanNya di dalam kita berdoa dan melangkah. Selain itu, kita harus dapat menyesuaikan keinginan kita dengan firman. Firman Tuhan adalah kebenaran, sehingga segala sesuatu yang kita lakukan harus disesuaikan dengan yang tertulis di dalam firman.

Percayalah jika doa-doa kita sudah sesuai dengan kehendakNya, maka Tuhan akan mengabulkan permohonan kita tepat pada waktunya. Mari setiap kita dapat belajar untuk mengutamakan kehendak Tuhan di atas segala keinginan kita.

 

Kita perlu selalu belajar merendahkan diri di hadapan Tuhan,

supaya kita dapat berdoa sesuai dengan kehendakNya saja. Amin.

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × one =