Arti Doa

Share This Article

Ayat Bacaan: Yosua 18:1-28

… tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu,

dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu,

sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu

Yesaya 59:2

Dalam kekristenan hal yang paling sederhana dilakukan adalah doa, namun juga sering tidak dilakukan sebab tanpa sadar kita sering mengabaikan doa. Doa merupakan hal yang terpenting sebab doa adalah salah satu cara komunikasi kita dengan Bapa di Sorga. Lewat doa, kita dapat mengungkapkan isi hati kita, atau menyatakan kerinduan kita kepada Tuhan. Tanpa doa maka kerohanian kita menjadi kering dan komunikasi kita dengan Tuhan menjadi terhambat. Doa bukan saja sebuah cara komunikasi melainkan juga sarana membangun hubungan yang erat dengan Tuhan. Tuhan rindu senantiasa dekat dengan kita. Saat kita dekat dengan Tuhan, kita akan mendapatkan ketenangan, juga hikmat dan pewahyuan dari Tuhan. Oleh sebab itu, sediakan waktu untuk berdoa kepada Tuhan. Lewat doa, kita melibatkan Tuhan untuk turut campur dalam seluruh hidup kita. Izinkan Tuhan berkarya bagi kita sebab Dia adalah Tuhan yang selalu memberikan yang terbaik bagi kita.

Salah satu kunci supaya doa kita dijawab oleh Tuhan yaitu kita harus memiliki hidup yang benar di hadapan Tuhan, sebab dosa adalah penghalang Tuhan untuk menjawab doa kita. Ingatlah bahwa Tuhan itu kudus, sehingga kita pun harus menjaga hidup kita agar berkenan di hadapanNya. Oleh karena itu, hendaklah kita menjagai hidup kita supaya berkenan di hadapan Tuhan. Ketika kita hidup benar, maka Tuhan akan menjawab setiap doa kita. Yakobus 5:16B mengatakan bahwa doa orang benar bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasaNya. Hidup dalam kebenaran membuat doa kita terjawab. Setelah kita berdoa, jangan pernah kita menjadi bimbang lagi, melainkan milikilah keyakinan bahwa Tuhan sudah menjawab setiap doa kita. Kita perlu berdoa dengan keyakinan dan iman kepada Tuhan dan tidak dikuasai kecemasan, karena orang yang bimbang tidak akan mendapatkan apa-apa. Sekalipun mungkin saat ini kita belum melihat jawaban doa, marilah kita tetap percaya bahwa Tuhan pasti menjawab doa kita. Serahkanlah permasalahan kita kepada Tuhan lewat doa, maka Dia akan menyatakan kuasaNya bagi kita.

Tidak ada sesuatu yang mustahil bila kita berdoa. Tiada yang sukar saat kita memohon kepada Tuhan lewat doa, sebab doa memiliki kuasa. Jika hari ini doa kita belum terjawab, jangan berhenti berdoa. Tetaplah bertekun dalam doa, dalam setiap pengharapan, sebab Tuhan yang senantiasa mendengar doa kita tidak akan pernah mengecewakan orang yang berharap kepadaNya. Ia selalu mendengarkan doa kita dan akan menjawab doa kita indah pada waktuNya.

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − eleven =