Report from Palu Anugrah Medical Team #Solider4Palu – Hari ke 05-07, 12-14 Oktober 2018

Update dari Kulawi

Kulawi adalah suatu daerah yang biasanya ditempuh sekitar 3 jam dari Palu. Akan tetapi sejak Gempa Palu terjadi, maka jalan menuju Kulawi terkena longsor besar dan jalanan terputus selama 10 hari pertama. Bantuan hanya bisa dikirim melalui dropping dari Helicopter saja.

Karena jalanan sudah mulai dapat diakses, maka pada hari ke-5 operasional kami di Palu, Jumat, 12 Okt 2018, 6 orang dari Team Medis Anugrah memutuskan untuk menembus Kulawi dengan berbagai resiko yang mereka harus hadapi. Puji Tuhan, setelah 5 jam perjalanan, mereka mencapai Kulawi. Ternyata daerah ini adalah salah satu Cagar Alam Nasional.

 

Semalam mereka berada di daerah itu membawa bantuan medis, beras, mie instant, susu dan bubur bayi serta selimut. Senangnya mendapatkan berita bahwa Team Anugrah dapat menjadi berkat di daerah itu. Menjangkau sekitar 500 pasien.

Sewaktu Team hendak balik ke Palu pada hari Sabtu, 13 Okt 2018, hujan deraspun turun dan tidak memungkinkan jalanan itu dilewati, karena longsor, tertimbun tanah dan sangat licin. Akibatnya, Team Anugrah tidak bisa pulang dan memutuskan menambah 1 malam di Kulawi. Kesempatan ini kami gunakan untuk mendapatkan data-data terkini. Ternyata ada 21 Gereja di daerah ini dan 80% sudah rusak berat akibat Gempa Bumi yang terjadi.

Bisa dibayangkan betapa massive dampak dari bencana ini: Gempa Bumi, Tsunami dan Liquifaksi. Bila Tuhan izinkan, kami rasa Kulawi adalah satu daerah yang berpotensi untuk kami bantu dalam tahap pembangunan ulang.

Split the team

Team medis kedua juga tidak tinggal diam. Mereka menuju ke desa Wisolo dan desar Jono Jindi di Sigi. Lalu pada hari ke-7, Minggu, 14 Okt 2018, setelah selesai ibadah di Gereja GBI Rock, kami membuka Posko Kesehatan di samping kompleks Gereja. Hal ini dilakukan agar kami juga dapat menjangkau dan menjadi berkat buat warga di sekeliling Gereja.

Untuk hari-hari berikutnya sampai akhir perjalanan ini, tim kami juga mengunjungi beberapa daerah seperti Donggala, Sungai Lewara, dan kami juga beberapa kali balik ke daerah Sigi.
Sekali lagi setiap bantuan yang sudah Anda berikan, membawa perbedaan yang nyata. Anda memberikan secercah harapan, dan pengharapan itulah yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

 

In HIS Service
Ps. Daniel Hendrata
& all Anugrah Ministries Team.

#Solider4Palu

This post is also available in: English