Blessing the Nations: HongKong & Macau, 30 June – 21 July 2015

Share This Article

Beberapa tahun telah berlalu sejak Ps. Daniel Hendrata dan Ps. Debby Catharina pergi melayani ke daerah Far East. Akhirnya, mereka kembali ke HongKong dan Macau.

Pada saat kedatangan, Free Believers in Christ Fellowship International (FBCFI), HongKong yang menjadi host mereka. Gereja berbahasa Inggris ini, di bawah kepemimpinan Bishop Moses Chungalao, beranggotakan 500 jemaat orang Filipina yang sebagian besar bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Dari 1 sampai 5 Juli, Ps. Daniel dan Ps. Debby melayani di sana. Tanggal 1 Juli bertepatan dengan hari libur, Hari Kemerdekaan HongKong, sehingga jemaat di sana dapat berkumpul beribadah bersama. Lalu, tanggal 2, 3, 4 July, kedua hamba Tuhan melayani di Ibadah kelompok Kamis, Jumat dan Sabtu. Pada tanggal 5 July, dua dari pembinaan gereja ini (distrik Tsuen Wan dan Tuen Mun) merayakan 18 tahun dan 16 tahun pelayanan mereka, sehingga dua kebaktian hari Minggu itu penuh dengan jemaat. Pesan kotbah yang kedua hamba Tuhan sampaikan untuk gereja ini khususnya mengingatkan mereka akan identitas diri yang sejati, bahwa meskipun kebanyakan dari mereka bekerja sebagai pembantu rumah tangga, mereka tetap adalah putra-putri dari Tuhan yang Maha Tinggi dan agen perubahan. Puji Tuhan! Kami berharap firman yang sudah dibagikan akan bertumbuh dan berbuah dalam kehidupan mereka.

[wppa type=”slideonlyf” album=”382″]Any comment[/wppa]

Dari HongKong, Ps. Daniel dan Ps. Debby melanjutkan perjalanan mereka ke Macau. Pada tanggal 7 Juli, mereka menghadiri dan memberikan dorongan kepada Indonesian Home Fellowship yang dipimpin oleh Ps. Beto. Pada tanggal 8 July, dari pagi sampai sore, kedua hamba Tuhan memproduksi video klip untuk album Your Grace. Dibantu oleh beberapa pekerja dari FBCFI, Macau, di mana kedua pastor melayani pada malam harinya. Luar biasa melihat semangat jemaat di sana yang berkumpul untuk ibadah setelah pulang kerja, dari jam 10 malam ibadah berlangsung sampai dengan lewat tengah malam. Pengalaman yang menakjubkan! Mereka sungguh lapar akan Tuhan, sehingga mereka bersedia datang ibadah meskipun waktu sudah larut malam. Terima kasih kepada Ps. Verna Pacyaya yang menghost Ps. Daniel dan Ps. Debby selama di Macau.

[wppa type=”slideonlyf” album=”383″]Any comment[/wppa]

Pada tanggal 9 Juli, Ps. Daniel dan Ps. Debby kembali ke HongKong; anak-anak mereka dan orang tua dari Ps. Daniel juga menyusul datang. Pada tanggal 12 Juli, mereka semua melayani di GBI Tung Chung pada pagi harinya. Senang sekali dapat memberkati Diaspora orang-orang Indonesia yang ada di sana. Mereka didorong dan diingatkan atas tujuan Tuhan menempatkan mereka di sana. Masih di hari yang sama, kedua hamba Tuhan mendapat kesempatan untuk kembali lagi ke FBCFI, HongKong pada sore harinya. Ps. Daniel Hendrata berkotbah tentang Membuat Keputusan untuk Melayani Tuhan. Murid-murid Yesus, Simon dan teman-temannya, meninggalkan segala sesuatu demi mengikut Yesus, maka jemaat di sana ditantang mendedikasikan hidup mereka untuk melayani Tuhan.

[wppa type=”slideonlyf” album=”384″]Any comment[/wppa]

Perjalanan ini merupakan suatu berkat karena Ps. Daniel dan Ps. Debby mendapatkan kesempatan bersama keluarga mereka untuk berziarah ke desa nenek moyang mereka di China. Tepatnya di desa FuQing, yang berdekatan dengan kota besar FuZhou di propinsi FuJian di RRC. Menakjubkan bagaimana mereka menemukan bahwa rumah dari kakek buyut Ps. Daniel masih dilestarikan, dan oleh pemerintah daerah di sana diresmikan sebagai Rumah Bersejarah. Alasannya adalah karena mereka dikenal sebagai Pahlawan Pendidikan di zaman mereka. Bahkan pada zaman itu, waktu RRC masih miskin dan berantakan karena perang saudara, mereka mengupayakan pendidikan bagi anak-anak, demi masa depan yang lebih baik. Ps. Daniel beserta timnya tidak mengetahui tentang hal ini sebelumnya. Menakjubkan sekali melihat persamaan dengan apa yang dilakukan oleh Anugrah Ministries sekarang, memberikan beasiswa kepada anak-anak yang kurang mampu melalui program beasiswa Adikku Sayang.

Perjalanan berlanjut dan diakhiri di HongKong. Di bagian terakhir dari perjalanan kali ini, mereka melayani di ICA HongKong Indonesian Service dari tanggal 17 sampai 19 Juli 2015. Di gereja ini, mereka berjumpa dengan orang-orang Indonesia yang bekerja di HongKong; sebagian sebagai professional, bahkan pengusaha, sebagian lainnya sebagai pembantu rumah tangga. Ibadah-ibadah ini menjadi ibadah spesial karena tiga generasi melayani Tuhan secara bersamaan (orangtua dari Ps. Daniel, Ps. Daniel dan Ps. Debby, dan kedua anak mereka). Merupakan sukacita tersendiri melihat bagaimana Tuhan memakai mereka untuk menjamah banyak kehidupan. Beberapa dari orang yang datang beribadah belum mengenal Tuhan sebelumnya, tapi sekarang telah menjadi orang percaya. Ini adalah penggenapan dari 1 Timotius 2:4 tentang Tuhan, “yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.”

[wppa type=”slideonlyf” album=”385″]Any comment[/wppa]

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + 3 =