Mengatasi Keraguan

Share This Article

Ayat Bacaan: Kejadian 47:1-31

Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut,

yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.

Yakobus 1:6

Salah satu kunci hidup berkemenangan adalah percaya dan tidak dipenuhi oleh keraguan, sebab kebimbangan membuat kita tidak mendapatkan apapun. Jadi kita harus memiliki rasa optimis, tetapi seringkali masalah, tantangan bahkan segala hal yang tidak pasti dapat membuat kita menjadi ragu dan bimbang. Oleh sebab itu kita harus tetap berusaha untuk semangat dan juga menjalani hidup ini bersama Tuhan sebab Dia adalah jaminan kehidupan kita, bahkan yang dapat memberikan kepastian atas segalanya. Janji Tuhan adalah jaminan bagi kita, sebab setiap janji Tuhan itu selalu digenapi, tidak satupun janji Tuhan yang gagal sehingga selalu memberikan pengharapan yang pasti bagi kita. Dalam Firman Tuhan kita mendapatkan banyak janji Tuhan yang dapat menguatkan diri. Sekalipun saat ini kita belum menerima penggenapan janjiNya namun Tuhan tidak dapat berdusta dengan janjiNya, pada waktuNya Tuhan pasti menggenapi janjiNya. Walaupun situasi di sekitar kita tidak menentu, jangan pernah meragukan janji Tuhan. Janji Tuhan memberikan jaminan, dengan Tuhan kita akan mendapatkan kemenangan.

Atasilah setiap keraguan dengan iman yang teguh sebab dikatakan bahwa orang percaya hidup dengan iman dan bukan karena melihat. Jadi sekalipun kita belum melihat pertolongan Tuhan, kita harus beriman bahwa pertolongan Tuhan pasti nyata dan kita akan mendapatkan pemulihan. Dalam kondisi apapun yang kita alami, milikilah iman bahwa pada akhirnya segalanya akan menjadi baik. Hanya pada saat kita memiliki iman yang teguh kepada Tuhan, kita dapat mengusir setiap kebimbangan. Selain itu kita dapat mengatasi keraguan dengan doa, ketika kita mulai takut dan bimbang, berserulah kepada Tuhan lewat doa agar Ia kembali menguatkan iman kita sehingga kita boleh tetap percaya. Naikkanlah juga pujian dan penyembahan kepada Tuhan sebab hal itu dapat menguatkan iman kita. Dan hal terpenting untuk mengatasi keraguan adalah kedekatan kita dengan Tuhan. Orang yang dekat dengan Tuhan akan selalu mendapat ketenangan. Sehingga sekalipun mendengar berita yang buruk, ataupun sedang dilanda banyak masalah, hal itu tidak akan membuat kita menjadi ragu sebab ada Tuhan yang senantiasa menyertai kita.

Mari kita jalani hidup ini dengan kepastian dan jangan dalam keraguan. Ingatlah bahwa keraguan akan menjauhkan kita dari penggenapan janji Tuhan. Sebaliknya iman yang teguh akan membuat kita dapat melihat janji-janji Tuhan dan hidup kita akan berkemenangan.

 

Share This Article

This post is also available in: English

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − four =