Goodnews 251 – Mencegah Penyakit Seksual Menular

Share This Article

Penyakit menular seksual (PMS) adalah penyakit yang ditularkan melalui perilaku seksual, seperti hubungan seksual, oral sex, dan anal sex. Penyebab dari penyakit menular seksual ada bermacam-macam yaitu : bakteri seperti sifilis, jamur, virus seperti HIV dan herpes, parasit dan banyak lagi.

World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa 340 juta kasus baru sifilis, gonore, klamidiadan trichomoniasis terjadi di seluruh dunia pada tahun 1999 pada pria dan wanita berusia 15-45 tahun. Jumlah terbesar infeksi terjadi di wilayah selatan dan asia tenggara. Hampir seluruh penderita PMS di indonesia setiap tahun terjadi peningkatan, ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada rumah sakit umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh didapatkan kasus PMS pada tahun 2008 – 2010 berjumlah 113 kasus, 20 kasus pada 2008, 36 kasus pada 2009 dan 56 kasus pada 2010.

Pada beberapa kasus PMS yang tidak diobati dapat berujung pada infertilitas, nyeri kronis, bahkan kematian. Dengan terus meningkatnya kasus PMS, masyarakat harus dibekali pengetahuan tentang penyakit menular seksual. Identifikasi dan pengobatan sedini mungkin dapat menurunkan angka penyebaran penyakit menular seksual.

Hari ini kita akan belajar mengenali penyakit menular seksual beserta pencegahannya yang akan dijelaskan oleh dr. Yudhi Handoko seorang Medical consultan dari PNC Health & Care.  Sesaat lagi di Good News program….

[wppa type=”slideonlyf” album=”260″]Any comment[/wppa]

Share This Article

Facebook Comments

Default Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 2 =